Home / Berita / BUDAYA HIDUP JUJUR (Majalah Mekar Edisi Juli 2016)

BUDAYA HIDUP JUJUR (Majalah Mekar Edisi Juli 2016)

BUATLAH DAFTAR KEJUJURAN!

gambar dp mekar 07 2016Kemarin, sahabatku Katarina mengeluh di telepon tentang ketidakjujuran Dodi adiknya. Setiap kali Dodi diminta tolong oleh Ibu ke warung atau kemana saja untuk berbagai keperluan, selalu saja dia membohongi Ibu. Sering Katarina memergoki Dodi asyik bermain game di warnet. Katarina menjadi jengkel pada adiknya dan kasihan pada Ibu yang selalu dibohongi. Katarina meminta saran dariku, bagaimana cara mengajari Dodi agar menjadi anak jujur dan menghormati orangtua. Aku menyarankan agar Katarina meminta bantuan pada Pastor Mikael, Pastor Paroki kami. Katarina melaksanakannya.

Tiga bulan setelahnya, Katarina menelpon dan menceritakan bagaimana Pastor Mikael berhasil menyadarkan Dodi. “Mekar, Pastor Dodi mempunyai jurus jitu untuk menyadarkan Dodi! Beliau meminta Dodi menuliskan semua kebohongannya di selembar kertas putih. Wah… ternyata tidak cukup di selembar kertas! Adikku membutuhkan 2 lembar kertas! Dia jadi malu sendiri, dan akhirnya menangis di hadapan Pastor Mikael! Sekarang dia sudah berubah! Ibu dan kami semua menjadi senang, karena Dodi membuang kebiasaan buruknya untuk berbohong! Dia diminta Pastor Mikael untuk menuliskan perbuatan jujur yang dilakukannya setiap hari di lembar kertas berwarna biru muda. Wouw… hingga hari ini kulihat sudah banyak catatannya! Doakan adikku ya!,” ajak Katarina.

Teman-teman terkasih, kita pun dapat belajar dari Dodi untuk meninggalkan segala kebohongan dan hal-hal yang tidak baik dalam hidup ini. “Orang benar akan bersukacita karena Tuhan dan berlindung pada-Nya; semua orang yang jujur akan bermegah” (Mazmur 64: 11). “Ia (Tuhan) menyediakan pertolongan bagi orang yang jujur, menjadi perisai bagi orang yang tidak bercela lakunya” (Amsal 2: 7). Selamat membuat daftar kejujuran setiap hari dan mencoret daftar kebohongan!

cover mekar 07 2016

varia mekar 07 2016

About

Check Also

MINGGU 12 AGUSTUS 2018, HR BUNDA MARIA DIANGKAT KE SURGA

Hidup manusia sering digambarkan sebagai suatu perjalanan yang jauh dengan suka dan dukanya, dengan kegagalan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *