Home / Berita / Ekaristi Minggu: Hari Raya Tuhan Kita Yesus Kristus Raja Semesta Alam

Ekaristi Minggu: Hari Raya Tuhan Kita Yesus Kristus Raja Semesta Alam

Menghayati hidup dalam Ekaristi

“Tuhan beserta kita” pikir banyak orang, karena mengira dapat memahami Dia. Bangsa-bangsa yang berperang kerapkali jatuh terhadap godaan itu. Banyak contohnya. Tetapi mengapa bangsa-bangsa itu seakan mau menista Tuhan? Bukankah karena mereka mendewakan tanah air mereka? Tetapi maukah Tuhan dikurung dalam batas-batas itu? Bukankah kerajaan-Nya lain? Bukankah kerajaan-Nya terbuka bagi siapa pun?

——————

Antifon Pembukaan —Wahyu 5:12;1:6

Pantaslah Anak Domba yang disembelih itu menerima kuasa dan kekayaan, hikmat, kekuatan, dan hormat. Bagi Dialah kemuliaan dan kuasa sampai selama-lamanya.

Pengantar

Yesus adalah raja yang gelar-Nya berasal dari Allah. Kerajaan-Nya hadir di antara jemaat-Nya mulai sekarang hingga akhir zaman. Dan, mereka yang telah diselamatkan diperkenankan untuk ikut serta dalam perjamuan keselamatan-Nya.

Tobat

Tuhan Yesus Kristus, Engkaulah Raja Semesta Alam, Engkaulah Putra Allah, Pencipta langit dan bumi.
Tuhan, kasihanilah kami.

Engkaulah Putra Manusia, yang telah berjasa membebaskan umat manusia dengan sengsara, wafat, dan kebangkitan-Mu.
Kristus, kasihanilah kami.

Engkaulah Putra Sulung, yang pertama-tama bangkit dari alam maut dan kini dimuliakan di sisi Bapa sebagai Pengantara kami.
Tuhan, kasihanilah kami.

Doa Pembukaan

Marilah berdoa
Allah Bapa yang kekal dan kuasa,
Engkau telah menciptakan alam semesta dengan kekuasaan dan cinta kasih-Mu. Kami mohon jadikanlah kami umat-Mu yang setia dan berkenan kepada-Mu seturut teladan Yesus Kritsus, Putera-Mu, Sang Raja Semesta Alam. Sebab Engkaulah Tuhan dan Pengantara kami, yang bersama dengan Dikau dalam persatuan Roh Kudus hidup dan berkuasa, Allah, sepanjang segala masa.
Amin

Bacaan Pertama –Daniel 7:13
Kerajaan yang berkuasa pada zaman Daniel akan berlalu dan diganti dengan Kerajaan kekal Tuhan. Anak Manusia akan menjadi Raja di akhir zaman. Orang-orang kudus dan yang telah menderita karena iman akan mengelilingi-Nya. Mereka yang telah diselamatkan diperkenankan untuk ikut serta dalam perjamuan keselamatan-Nya.

“Kekuasaan-Nya kekal adanya”

Pembacaan dari Nubuat Daniel
Aku, Daniel, melihat dalam penglihatan malam itu, tampak datang dengan awan-awan dari langit seorang seperti anak manusia; datanglah ia kepada Yang Lanjut Usianya itu, dan ia dibawa ke hadapan-Nya.
Lalu diberikan kepadanya kekuasaan dan kemuliaan dan kuasa sebagai raja, maka orang-orang dari segala bangsa, suku bangsa dan bahasa mengabdi kepadanya. Kekuasaannya ialah kekuasaan yang kekal, yang tidak akan lenyap, dan kerajaannya ialah kerajaan yang tidak akan musnah.

Demikianlah Sabda Tuhan
Syukur kepada Allah

Mazmur Tanggapan __Mazmur 93:1ab.1c-2.5

Tuhan Rajaku, agunglah nama-Mu. Alam raya dan makhluk-Mu kagum memandang-Mu.

Mazmur
. Tuhan adalah Raja, Ia berpakaian kemegahan, Tuhan adalah Raja, dan kekuatanlah ikat pinggang-Nya.

. Sungguh, telah tegaklah dunia, tidak lagi goyah!Takhta-Mu tegak sejak dahulu kala, dari kekal Engkau ada.

. Peraturan-Mu sangat teguh, ya Tuhan yang adil. Bait-Mu berhiaskan kekudusan, ya Tuhan, sepanjang masa.

Bacaan Kedua –Wahyu 1:5-8
Kristus Raja melepaskan umat-Nya dari belenggu dosa. Kerajaan-Nya akan hadir di antara jemaat-Nya mulai sekarang ini dan akan mencapai puncak kepenuhannya pada hari kiamat.

“Ia yang berkuasa atas raja-raja di bumi telah membuat kita menjadi suatu Kerajaan, menjadi imam-imam bagi Allah”

Pembacaan dari Kitab Wahyu
Yesus Kristus adalah saksi yang setia, yang pertama bangkit dari antara orang mati dan yang berkuasa atas raja-raja di bumi ini. Bagi Dia, yang mengasihi kita dan yang telah melepaskan kita dari dosa kita oleh darah-Nya — dan yang telah membuat kita menjadi suatu kerajaan, menjadi imam-imam bagi Allah, Bapa-Nya, — bagi Dialah kemuliaan dan kuasa sampai selama-lamanya. Amin.
Lihatlah, Ia datang dengan awan-awan dan setiap mata akan melihat Dia, juga mereka yang telah menikam Dia. Dan semua bangsa di bumi akan meratapi Dia. Ya, amin.
“Aku adalah Alfa dan Omega, firman Tuhan Allah, yang ada dan yang sudah ada dan yang akan datang, Yang Mahakuasa.”

Demikianlah Sabda Tuhan
Syukur kepada Allah

BAIT PENGANTAR INJIL Markus 11:10

S: Alleluya. U: Alleluya.
S: Terpujilah yang datang atas nama Tuhan. Terpujilah Kerajaan yang telah tiba, Kerajaan bapa kita, Daud.
U: Alleluya.

Bacaan Injil __Yohanes 18:33b-37
Yesus adalah raja dunia, namun Ia dan Kerajaan-Nya berbeda dengan raja dan pemerintahan apa pun di dunia. Gelar-Nya tidak berasal dari dunia, melainkan berasal dari Allah. Ia memperkenalkan misteri Allah Bapa yang penuh kasih menyelamatkan umat-Nya. Kesaksian-Nya ini memanggil setiap orang untuk mengimani-Nya dengan total, tidak setengah-setengah. Sikap mendua dalam mencintai Yesus pada akhirnya hanya akan menimbulkan sikap menolak Yesus.

“Seperti yang kaukatakan, Aku adalah raja”

Inilah Injil Tuhan kita Yesus Kristus menurut Yohanes
Ketika Yesus dihadapkan ke pengadilan, bertanyalah Pilatus kepada-Nya, “”Engkau inikah raja orang Yahudi?”
Jawab Yesus: “Apakah engkau katakan hal itu dari hatimu sendiri, atau adakah orang lain yang mengatakannya kepadamu tentang Aku?”
Kata Pilatus: “Apakah aku seorang Yahudi? Bangsa-Mu sendiri dan imam-imam kepala yang telah menyerahkan Engkau kepadaku; apakah yang telah Engkau perbuat?”
Jawab Yesus: “Kerajaan-Ku bukan dari dunia ini; jika Kerajaan-Ku dari dunia ini, pasti hamba-hamba-Ku telah melawan, supaya Aku jangan diserahkan kepada orang Yahudi, akan tetapi Kerajaan-Ku bukan dari sini.”
Maka kata Pilatus kepada-Nya: “Jadi Engkau adalah raja?” Jawab Yesus: “Engkau mengatakan, bahwa Aku adalah raja. Untuk itulah Aku lahir dan untuk itulah Aku datang ke dalam dunia ini, supaya Aku memberi kesaksian tentang kebenaran; setiap orang yang berasal dari kebenaran mendengarkan suara-Ku.”

Demikianlah Injil Tuhan
Terpujilah Kristus

Doa Umat

Di dalam Yesus Kristus, Tuhan dan Raja kita, Bapa telah memberikan kepada kita pembebasan, pengampunan, dan perdamaian. Marilah kita berdoa supaya keadilan, kasih, dan damai-Nya menjadi bagian kita semua.

Bagi Gereja, Tubuh Kristus.
Ya Bapa, semoga Gereja benar-benar menjadi bukti nyata kehadiran Kerajaan Allah di dunia karena keterbukaan bagi semua orang karena persatuan serta cinta kasih-Nya.
Marilah kita mohon,..

Bagi mereka yang memiliki kekuasaan di duni ini.
Ya Bapa, semoga mereka yang berkuasa, sungguh-sungguh mengupayakan perdamaian, keadilan, dan kesejahteraan hidup bagi semua orang, serta menjunjung tinggi hak asasi dan martabat manusia.
Marilah kita mohon,..

Bagi orang-orang miskin, dan mereka yang kehilangan hak di dunia ini.
Ya Bapa, semoga kami tekun berjuang dan berbela rasa membantu orang-orang miskin dan mereka yang kehilangan hak di dunia ini agar nama-Mu semakin dimuliakan dan diselamatkannya semakin banyak jiwa-jiwa.
Marilah kita mohon,..

Bagi kita di sini serta seluruh umat kristiani.
Ya Bapa, semoga Roh Kristus hidup di dalam diri kami sehingga orang-orang yang mengenal kami mengatakan, “Lihatlah, betapa mereka saling mengasihi dan melayani”
Marilah kita mohon,..

Allah, Bapa kami, hidupkanlah harapan kami semua, betapapun usaha-usaha kami amat kurang berarti, kami semua pada suatu hari akan mendapat bagian dalam keadilan dan perdamaian Kerajaan Yesus Kristus, Tuhan dan Pengantara kami.
Amin

Doa Persembahan

Ya Allah,
semoga Engkau berkenan memberkati persembahan yang kami hunjukkan kepada-Mu ini dan menjadikannya sebagai tanda kehadiran Putra-Mu. Dengan pengantaraan Kristus, Putra-Mu, Tuhan kami, yang bersama dengan Dikau dalam persatuan Roh Kudus hidup dan berkuasa, Allah, sepanjang segala masa.
Amin.

Antifon Komuni –Mazmur 29:10-11

Tuhan akan bertakhta sebagai Raja untuk selamanya.
Tuhan akan memberkati umat-Nya dengan damai.

Doa Penutup

Marilah berdoa
Allah Bapa di surga,
kami bersyukur atas Yesus Kristus, Putra-Mu, Sang Raja, yang telah rela mengorbankan diri-Nya dan menjadi santapan bagi kami. Semoga kami dikuatkan untuk menghayati hidup sebagai orang-orang yang berkenan kepada-Mu sehingga kelak Kauperkenankan memasuki Kerajaan-Mu yang abadi. Dengan pengantaraan Kristus, Putra-Mu, Tuhan kami, yang bersama dengan Dikau dalam persatuan Roh Kudus hidup dan berkuasa, Allah, sepanjang segala masa.
Amin

Menghayati Ekaristi dalam hidup
Meskipun kerajaan duniawi serba sementara, mudah binasa dan terbatas, namun bagi kita ada bahayanya juga, bila kita semata-mata memperhatikan kenyataan-kenyataan duniawi saja, seakan-akan dengan itu kita dapat memuaskan segala usaha insani kita. Ketika Pilatus memperlihatkan Yesus kepada rakyat, maka diperlihatkannya manusia Yesus: “Lihatlah manusia ini!”, seorang yang memberikan kesaksian tentang dunia ilahi di tengah-tengah bangsa yang memberontak melawan Tuhan. “Lihatlah Rajamu”, penyelamat umat-Nya. Untuk dapat memasuki kerajaan-Nya kita harus menerima kesaksian-Nya dan dengan rendah hati mempersilahkan Dia menyelamatkan kita. Dengan demikian akan kita dapati, bahwa Tuhan menyatakan diri sehebat-hebatnya, bila segalanya seakan-akan binasa di salib. Pada diri Yesus yang tersalib Tuhan benar-benar di antara kita.

About gema

Check Also

Ekaristi Kamis, 13 Desember 2018: PW Santa Lusia (perawan dan martir)

Santa yang dikagumi ini hidup di Syracuse, Sisilia. Ia dilahirkan pada akhir abad ketiga. Orangtuanya …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *