Home / Berita / Ekaristi Selasa, 2 Oktober 2018, PARA MALAIKAT PELINDUNG

Ekaristi Selasa, 2 Oktober 2018, PARA MALAIKAT PELINDUNG

Antifon Pembukaan

Pujilah Tuhan, hai segala malaikat-Nya.
Bermadahlah, luhurkanlah Dia selama-lamanya

Kata Pengantar

Pada hari ini kita merayakan pesta para utusan Tuhan yang melindungi kita umat manusia. Kita dapat menemukan kisah tentang mereka sepanjang Kitab Suci. Para malaikat menyampaikan pesan-pesan dari Tuhan, melindungi manusia dari mara-bahaya serta menyelamatkannya. Dalam Perjanjian Baru, dalam Kitab Kisah Para Rasul bab 12 dikisahkan bagaimana St. Petrus dibimbing oleh seorang malaikat untuk meloloskan diri dari penjara. Telah berabad-abad lamanya umat Kristiani percaya bahwa kita masing-masing mempunyai seorang malaikat pelindung.

Gambar malaikat pelindung yang paling sering kita jumpai adalah gambar seorang malaikat yang sedang melindungi seorang anak kecil yang sedang berjalan menyeberangi sebuah jembatan kecil. Pada tahun 1608, Paus Paulus V menambahkan pesta para malaikat pelindung ke dalam penanggalan para kudus dan pesta gerejani. Mengetahui serta mengimani bahwa kita masing-masing mempunyai seorang malaikat pelindung yang melindungi kita, sungguh sangat membesarkan hati. Malaikat pelindung kita adalah hadiah dari Tuhan kita yang penuh belas kasih.

Santo Bernardus berkata: “Demikianlah para malaikat itu berada di sini; mereka ada di sampingmu; mereka ada bersamamu, mereka ada bagi kamu. Mereka ada di sini untuk melindungimu serta melayanimu. Dan meskipun Tuhan-lah yang telah menugaskan mereka untuk tugas-tugas itu, kita tetap harus berterima kasih kepada mereka oleh karena kasih mereka yang besar sehingga mereka taat serta datang untuk menolong kita pada saat kita membutuhkan pertolongan.”

Doa Pembukaan

Marilah berdoa:
Allah Bapa, pelindung dan pembela kami, Engkau telah mengutus para malaikat-Mu untuk menjagai kami. Semoga mereka selalu melindungi dan membela kami, sehingga kami berbahagia bersama mereka selamanya. Dialah Yesus Kristus, Putera-Mu, …

BACAAN PERTAMA —Keluaran 23:20-23a
Dalam rangka menjelaskan peraturan-peraturan maka Tuhan menjanjikan bantuan melalui para malaikat-Nya, yang selalu akan mendampingi umat-Nya.

“Malaikat-Ku akan berjalan di depanmu”

Pembacaan dari Kitab Keluaran
Inilah firman Tuhan, “”Sesungguhnya Aku mengutus seorang malaikat berjalan di depanmu, untuk melindungi engkau di jalan dan untuk membawa engkau ke tempat yang telah Kusediakan.
Jagalah dirimu di hadapannya dan dengarkanlah perkataannya, janganlah engkau mendurhaka kepadanya, sebab pelanggaranmu tidak akan diampuninya, sebab nama-Ku ada di dalam dia.
Tetapi jika engkau sungguh-sungguh mendengarkan perkataannya, dan melakukan segala yang Kufirmankan, maka Aku akan memusuhi musuhmu, dan melawan lawanmu. Sebab malaikat-Ku akan berjalan di depanmu”

Demikianlah Sabda Tuhan
Syukur kepada Allah

ANTARBACAAN

Ref. Malaikat-malaikat akan diperintahkan-Nya untuk menjaga engkau di segala jalanmu.

Mazmur 91:1-2.3-4.5-6.10-11
Orang yang duduk dalam lindungan Yang Mahatinggi dan bermalam dalam naungan Yang Mahakuasa akan berkata kepada Tuhan, “Tuhanlah tempat perlindungan dan kubu pertahananku, Allahku, yang kupercayai”

Sungguh, Dialah yang akan melepaskan engkau dari jerat perangkap burung, dari penyakit sampar yang busuk. Dengan kepak-Nya Ia akan menudungi engkau, di bawah sayap-Nya engkau akan berlindung, kesetiaan-Nya adalah perisai dan pagar tembok.

Engkau tak usah takut terhadap kedahsyatan malam, terhadap panah yang terbang di waktu siang; terhadap penyakit sampar yang menjalan di dalam gelap, terhadap penyakit menular yang mengamuk di waktu petang.

Malapetaka tidak akan menimpa kamu, dan tulah tidak akan mendekat kepada kemahmu; sebab malaikat-malaikat akan diperintahkan-Nya untuk menjaga engkau di segala jalanmu.

Bait Pengantar Injil

Alleluya
Pujilah Tuhan, hai segala tentara-Nya, muliakanlah Dia, hai para hamba yang melakukan kehendak-Nya.

BACAAN INJIL – Matius 18:1-5.10
Sederhana dan belaskasih adalah ciri warga kerajaan Allah. Kalau tidak dapat menjadi seperti anak kecil, takkan dapat menangkap misteri kerajaan Allah. Anak-anak kecil itu dilindungi oleh para malaikat.

“Malaikat mereka di surge selalu memandang wajah Bapa-Ku di surga”

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Matius
Sekali peristiwa datang murid-murid kepada Yesus dan bertanya, “Siapakah yang terbesar dalam Kerajaan Surga?” Maka Yesus memanggil seorang anak kecil dan menempatkannya di tengah-tengah mereka lalu berkata: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika kamu tidak bertobat dan menjadi seperti anak kecil ini, kamu tidak akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga.
Sedangkan barangsiapa merendahkan diri dan menjadi seperti anak kecil ini, dialah yang terbesar dalam Kerajaan Sorga.
Dan barangsiapa menyambut seorang anak seperti ini dalam nama-Ku, ia menyambut Aku. Ingatlah, jangan menganggap rendah seorang dari anak-anak kecil ini. Karena Aku berkata kepadamu: Ada malaikat mereka di sorga yang selalu memandang wajah Bapa-Ku yang di sorga”

Demikianlah Injil Tuhan
Terpujilah Kristus

DOA PERSEMBAHAN

Tuhan para malaikat,
terimalah kiranya persembahan yang kami unjukkan untuk menghormati para malaikat-Mu yang suci. Semoga berkat perlindungan mereka kami diluputkan dari bahaya, dan dengan aman menuju hidup yang kekal.
Demi Kristus, …

Antifon Komuni

Ya Tuhan, aku bersyukur kepada-Mu dengan segenap hati, “aku bermazmur bagi-Mu di hadapan para malaikat.

Doa Penutup.

Marilah berdoa:
Allah Bapa, tujuan hidup kami,
sebagai gembala Engkau menuntun kami dan menganugerahi kami roti kehidupan kekal. Semoga para malaikat-Mu yang suci selalu mengarahkan langkah kami pada jalan selamat dan damai.
Demi Kristus, …

About gema

Check Also

Ekaristi Kamis, 13 Desember 2018: PW Santa Lusia (perawan dan martir)

Santa yang dikagumi ini hidup di Syracuse, Sisilia. Ia dilahirkan pada akhir abad ketiga. Orangtuanya …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *