St Yosef – Duri

  • Buku Paroki : Sejak tahun 1979, sebelumnya di Dumai
  • Alamat : Jl. Gajahmada No 107 Duri 28884 Riau
  • Telp : (0762) 92370

SEJARAH PAROKI

Awal tahun 1958-an Duri yang masih berhutan lebat telah hadir perusahaan minyak dari Amerika yang dikenal dengan nama PT. Caltex Pacific Indonesia (Caltex). Seiring dengan berkebangnya jaman maka masuklah beberapa umat katolik dari Suriname, expatriate serta beberapa orang Batak dan Jawa.

Merasa akan kehausan iman, maka dibentuklah perkumpulan yang agenda utamanya adalah   mengadakan ibadat bersama yang dipimpin oleh pak TH. E. Sihombing. Dalam satu bulan sekali merekan mendapat pelayanan Misa Kudus (Ekaristi) yang dipimpin oleh pastor Laurenze, SX, Morini atau Pastor Orzy yang dilaksanakan di Guest House (rumah tamu) milik Caltex.

Dengan semakin bertambahnya umat katolik yang ada diluar perumahan Caltex, yang sebagian besar berdomisili di Simpang Padang maka dengan diprakarsai oleh bapak Sumo Prawiro (atau yang lebih dikenal dengan nama Pak Frans) serta dibantu dengan koleganya orang expatriate yakni Pak Archer,  pada tahun 1962-an mendirikan sebuah kapel diatas tanah milik umat (bpk N. Hutagalung) di Pokok Jengkol (sebelah kanan KUA sekarang ini.

Namun dengan berjalannya waktu dan kebutuhan dari Pak N. Hutagalung, maka tanah tersebut diminta kembali. Akhirnya, pak Frans dan pak Acher mencari lokasi baru untuk rumah ibadah dan akhirnya didapatlah tanah dari pak Bustami Nasution, yang terletak persis di depan perguruan Santo Yosef (SD st yosef sekarang). Pada tahun 1964 didirikan kapel kecil, yang merupakan cikal bakal Gereja Paroki Santo Yosef Duri ini.

Tahun 1958 sampai dengan 1972 Gereja St Yosef Duri masuk ke wilayah stasi gereja St. Maria Pekanbaru, setelah Gereja Paroki St.Fransiskus Xaverius Dumai berdiri menjadi wilayah Dumai.

Sejak tahun 1978 Gereja Katolik St. Yosef Duri berubah menjadi gereja Paroki dengan Pastor Paroki Carlo Trepo SX,  dan seterusnya digantikan oleh Pastor Albino, sementara  Bapa Uskup pada waktu itu adalah Uskup Reimondo C. Bergamen SG, dewan paroki pertamanya adalah bapak Joko Sulistiyo.

klik di sini

 

Mencari di Keuskupan Padang

Komentar Sahabat

Jl Khairil Anwar 12
Padang – 25118
Sumatera Barat

(0751) 32816 / 20743

info@keuskupanpadang.org

N.P.W.P. 01.459.343.8-201.000