Home / Berita / Perlu Kebijaksanaan (Renungan RABU PRAPASKAH II, 15 Maret 2017 Oleh Fr. Roy)

Perlu Kebijaksanaan (Renungan RABU PRAPASKAH II, 15 Maret 2017 Oleh Fr. Roy)

Rabu 15 Maret 2017 (Hari Pekan II Prapaskah (U)

Yer 18:18-20; Mzm. 31:5-6.14.15.16; Mat 20 :17-28

Perlu Kebijaksanaan

Sekarang ini lagi panas-panasnya dengan pemilihan calon gubernur DKI Jakarta, ada beberapa calon untuk menjadi gubernur, setiap ada pemilihan penjabat pemerintahan atau anggota legislatif banyak orang berbondong-bondong ikut mendaftarkan diri. Motivasi mereka untuk menginginkan jabatan itu sangat beragam. Ada yang memang ingin sungguh-sungguh ingin melayani rakyat, tetapi tidak sedikit yang hanya demi jabatan, dan kekayaan semata. Akibatnya banyak cara yang ditempuh agar orang-orang lolos dalam pencalonan dan kemudian berharap akan terpilih.

Sebuah jabatan adalah amanat. Amanat itu diberikan kepada seseorang pejabat karena rakyat yakin bahwa orang bisa mewujudkan harapan-harapan mereka. Karena itu, seseorang pejabat mempunyai kewajiban untuk melayani rakyatnya. Konsekuensi inilah yang rupanya tidak disadari kedua bersaudara Yakobus dan Yohanes ketika mereka meminta duduk di sebelah kanan dan kiri Yesus dalam kemuliaan-Nya kelak. Kedua bersaudara tadi tahu kursi yang diinginkan empuk, tanpa tahu bahwa untuk mendapatkannya ada syarat yang sangat berat. Yesus menegaskan bahwa orang harus melayani yang lain kalau ingin menjadi yang terbesar, itulah kepemimpinan pelayan.

Bila setiap penjabat menerapkan kepemimpinan ini, bisa dipastikan harapan-harapan rakyat akan terpenuhi, Mengapa? Karena setiap kebijakan pemimpin ini akan selalu memihak rakyat. Namun nyatanya bangsa indonesia masih belum semua menerapkan kebijakan seperti yang demikian. Semoga dengan kepemimpinan orang-orang yang bijaksana dan berkat Roh Kudus selalu membimbing para pejabat untuk tetap mendahulukan rakyat bukan kepetingan pribadinya.

Bapa yang penuh kebijaksanaan berilah kami pemimpin yang sungguh dapat menjadi teladan bagi kami dalam mewujudkan cita-cita bangsa dan negara. Siapapun yang terpilih Engkau pasti punya rencana yang baik Bagi kami semua.

Renungan Hari ini: RABU PRAPASKAH II, 15 Maret 2017… Klik disini!!

About

Check Also

MINGGU PASKAH III, 5 Mei 2019

Menghayati Ekaristi dalam Hidup Kemakmuran dan kemewahan dapat membuat seseorang mengalami kebingungan dalam penggunaannya dan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *