Home / Berita / Ekaristi Sabtu, 8 September 2018: PESTA KELAHIRAN SANTA PERAWAN MARIA

Ekaristi Sabtu, 8 September 2018: PESTA KELAHIRAN SANTA PERAWAN MARIA

PESTA KELAHIRAN SANTA PERAWAN MARIA

Tidak biasanya kita merayakan hari kelahiran para kudus. Sebaliknya kita merayakan hari mereka wafat, karena pada hari itulah mereka dilahirkan ke dalam sukacita surgawi. Namun, hari kelahiran Maria, Bunda Kita, merupakan suatu pengecualian. Kita merayakan hari kelahirannya karena ia datang ke dunia dalam keadaan penuh rahmat dan karena ia akan menjadi Bunda Yesus.

Kelahiran Bunda Maria bagaikan fajar. Ketika pada waktu pagi cakrawala mulai berwarna merah, kita tahu bahwa matahari akan segera terbit. Demikian juga ketika Maria dilahirkan, ia membawa sukacita yang besar bagi dunia. Kelahirannya berarti bahwa Yesus, Matahari Keadilan, akan segera datang. Maria adalah manusia mengagumkan yang memperoleh hak istimewa untuk membawa Yesus kepada segenap umat manusia.

Jika kita mengasihi Maria, berarti kita mengasihi Yesus. Siapapun yang memiliki devosi yang amat kuat kepada Maria, ia amat dekat di hati Yesus.

Pada hari ini, kita merayakan serta mewartakan dengan sukacita kepada seluruh dunia kelahiran Santa Perawan Maria. Kita selalu dapat datang kepada Maria untuk memohon pertolongannya. Ia amat dekat di hati Yesus. Ujud khusus apakah yang akan aku minta kepada Bunda Maria pada hari ini?

—————————

Antifon Pembukaan

Marilah kita bersuka cita merayakan kelahiran Santa Perawan Maria.
Sebab daripadanya telah terbit cahaya dunia, yakni Kristus Allah kita.

Kata Pengantar

Dahulu dan kini, di mana saja dan di sini, setiap kelahiran membawa serta kegembiraan. Bagi Gereja, umat Allah, kelahiran Bunda Maria merupakan anugerah Allah, sebab merupakan langkah Tuhan, yang semakin mendekati karya penyelamatan. Tuhan menggunakan iman dan kesediaan orang untuk melanjutkan karya penyelamatan-Nya. Dalam hal itu hendaknya kita meneladan dia yang adalah bunda kita.

Doa Pembukaan

Marilah berdoa:
Allah Bapa yang mahamurah,
penuhilah hamba-hamba-Mu dengan anugerah surgawi.
Tingkatkanlah kiranya kesejahteraan dunia berkat pesta kelahiran Santa Perawan Maria.
Sebab Putera yang dilahirkannya, adalah sumber keselamatan kami.
Dialah Yesus Kristus, Putera-Mu, …

BACAAN PERTAMA — Mikha 5:2-5a
Nabi Mikha hidup sezaman dengan nabi Yesaya. Ia memperjelas perutusan Emmanuel (Yes 7:14). Daud Baru akan dilahirkan di Betlehem, kota Daud. Desa kecil ini dipilih Tuhan sebagai tempat kelahiran Al Masih (Mat 2:6). Di dalam cobaan dan perpecahan yang menimpa dan merobek-robek Israel, Tuhan menjanjikan kedatangan Penyelamat yang akan mempersatukan dan memperdamaikan mereka.

“Tibalah saatnya perempuan yang mengandung itu melahirkan.”

Pembacaan dari Nubuat Mikha:
Beginilah firman Tuhan, “Hai Betlehem di wilayah Efrata, hai engkau yang terkecil di antara kaum-kaum Yehuda, dari padamu akan bangkit bagi-Ku seorang yang akan memerintah Israel, yang permulaannya sudah sejak purbakala, yang sudah ada sejak dahulu kala. Ia akan membiarkan mereka sampai saatnya perempuan yang mengandung itu telah melahirkan; lalu saudara-saudaranya yang masih ada akan kembali kepada orang Israel. Maka ia akan bertindak, dan akan menggembalakan mereka dalam kekuatan Tuhan, dalam kemegahan nama Tuhan Allahnya; mereka akan tinggal tetap, sebab sekarang ia menjadi besar sampai ke ujung bumi, dan dia menjadi damai sejahtera.”

Demikianlah sabda Tuhan
Syukur kepada Allah.

Mazmur Tanggapan

Aku bersukacita dalam Tuhan.

Mazmur 13:6ab,6cd).
1. Ya Tuhan, kepada kasih setia-Mu aku percaya, hatiku bersorak-sorai karena penyelamatan-Mu.
2. Aku mau menyanyi untuk Tuhan, karena Ia telah berbuat baik kepadaku.

BAIT PENGANTAR INJIL — Yoh 10:27

S: Alleluya. U: Alleluya.
S: Berbahagialah engkau, hai Perawan Maria, dan sangat terpuji. Sebab dari padamu telah terbit
Sang Surya Keadilan, yakni Kristus, Allah kita.
U: Alleluya.

BACAAN INJIL – Matius 1:1-16.18-23
Silsilah ini menggambarkan bagaiman Yesus memasuki sejarah umat manusia. Ia sama dengan kita. Bermacam-macam nama disebut-sebut, bukan hanya yang baik-baik saja. Jelas Yesus termasuk di dalam rencana penebusan. Demikian pula Yose dan Bunda Maria yang telah dipilih menjadi Bunda Putera Allah yang menjelma, agar Allah benar-benar beserta kita.

“Anak yang ada di dalam kandungannya adalah dari Roh Kudus.”

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Matius:
Inilah silsilah Yesus Kristus, anak Daud, anak Abraham. Abraham memperanak Ishak, Ishak memperanak Yakub, Yakub memperanak Yehuda dan saudara-saudaranya. Yehuda memperanakkan Peres dan Zerah dari Tamar, Peres memperanakkan Aminadab, Aminadab memperanakkan Nahason, Nahason memperanakkan Salmon, Salmon memperanakkan Boas dari Rahab, Boas memperanakkan Obed dari Rut, Obed memperanakkan Isai. Isai memperanakkan Raja Daud, Daud memperanakkan Salomo dari isteri Uria. Salomo memperanakkan Rehabeam, Rehabeam memperanakkan Abia, Abia memperanakkan Asa. Asa memperanakkan Yosafat, Yosafat memperanakkan Yoram, Yoram memperanakkan Uzia. Uzia memperanakkan Yotam, Yotam memperanakkan Ahas, Ahas memperanakkan Hizkia. Hizkia memperanakkan Manasye, Manasye memperanakkan Amon. Amon memperanakkan Yosia. Yosia memperanakkan Yekhonya dan saudara-saudaranya pada waktu pembuangan ke Babel. Sesudah pembuangan ke Babel, Yekhonya memperanakkan Sealtiel, Sealtiel memperanakkan Zerubabel. Zerubabel memperanakkan Abihud, Abihud memperanakkan Elyakim, Elyakim memperanakkan Azor. Azor memperanakkan Zadok, Zadok memperanakkan Akhim. Akhim memperanakkan Eliud, Eliud memperanakkan Eleazar, Eleazar memperanakkan Matan. Matan memperanakkan Yakub, Yakub memperanakkan Yusuf suami Maria, yang melahirkan Yesus yang disebut Kristus.

Demikianlah Injil Tuhan
Terpujilah Kristus.

DOA PERSEMBAHAN

Allah Bapa yang mahakudus,
Putera-Mu yang tunggal telah menjadi manusia untuk menyelamatkan kami.
Ia lahir dari Bunda Maria, Perawan yang suci. Semoga Kristus membersihkan kami dari dosa, sehingga Engkau berkenan menerima.
Sebab Dialah, …

Antfion Komuni

Seorang perawan akan melahirkan.
Putera-Nya akan menyelamatkan bangsa-Nya dari dosa mereka.

Doa Penutup.

Marilah berdoa:
Allah Bapa, suka cita kami,
gembirakanlah kiranya kami umat-Nu.
Semoga kami pun bersukacita karena kelahiran Santa Perawan Maria,
harapan dan fajar keselamatan bagi seluruh dunia.
Demi Kristus, …

About gema

Check Also

Ekaristi KAMIS BIASA XXXI, 8 November 2018

Antifon Pembukaan – Mazmur 105:4-5  Carilah Tuhan dan kekuatan-Nya, carilah selalu wajah-Nya! Ingatlah perbuatan-perbuatan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *