Home / Santo & Santa / SANTA FRANSISKA DARI ROMA

SANTA FRANSISKA DARI ROMA

gbr orang kudus mekar 03 2017SANTA FRANSISKA DARI ROMA

Santa Fransiska dilahirkan pada tahun 1384. Orangtuanya, Paul Bussa dan Jacobella de’ Roffredeschi, adalah bangsawan yang kaya raya, tetapi mereka mengajarkan pada Fransiska untuk menaruh perhatian pada sesama dan mengamalkan hidup Kristiani yang saleh. Ia adalah seorang gadis kecil yang cerdas.

Ketika usianya sebelas tahun, Fransiska memberitahukan kepada orangtuanya bahwa ia telah memutuskan untuk menjadi seorang biarawati. Namun, kedua orangtuanya malahan mendorong Fransiska untuk memikirkan hidup perkawinan. Seperti kebiasaan pada masa itu, mereka memilih seorang pemuda yang baik untuk menjadi suami Fransiska. Pemuda itu baru tigabelas tahun usianya.

Fransiska dan suaminya, Lorenzo Ponziano, saling jatuh cinta. Meski pernikahan mereka adalah karena perjodohan, mereka hidup bahagia dalam perkawinan selama empatpuluh tahun lamanya. Lorenzo mengagumi isterinya, dan juga saudari iparnya – Vannozza. Fransiska dan Vannozza berdoa setiap hari dan melakukan matiraga bagi Gereja Yesus, yang menghadapi banyak pencobaan pada masa itu.

Kedua saudari ini juga mengunjungi mereka yang miskin dan merawat yang sakit. Mereka membawakan makanan dan kayu bakar bagi orang-orang yang membutuhkannya. Para perempuan kaya lainnya terinspirasi oleh teladan kedua bersaudari ini untuk lebih memaknai hidup mereka pula. Sementara itu, Fransiska bertekun dalam doa. Ia semakin akrab bergaul dengan Yesus dan Maria dalam hidup sehari-hari.

Fransiska dan Lorenzo adalah orang-orang yang penuh belas kasih. Mereka tahu bagaimana rasanya menderita. Mereka kehilangan dua dari ketiga anak mereka karena wabah. Hal ini membuat mereka semakin peka terhadap kebutuhan sesama yang menderita. Semasa pertikaian antara Paus yang sah dengan anti-paus, Lorenzo memimpin pasukan untuk membela Paus yang benar. Sementara ia pergi berperang, para musuh memusnahkan harta milik dan kekayaannya. Meski demikian, Fransiska berusaha merapikan dan membereskan bagian dari villa keluarga yang telah dirusak dan mempergunakannya sebagai rumah sakit.

Hidup terasa berat bagi keluarganya, namun demikian orang-orang di jalanan tetap membutuhkan pertolongan. Lorenzo terluka dan pulang ke rumah untuk dirawat oleh isterinya tercinta agar sehat kembali. Lorenzo wafat pada tahun 1438. Fransiska menghabiskan empat tahun sisa hidupnya dalam kongregasi religius yang ia bantu pembentukannya.

Santa Fransiska dari Roma wafat pada 9 Maret 1440. Ia dimaklumkan sebagai santa oleh Paus Paulus V pada 1608. Pada pesta peringatan Santa Fransiska, para imam biasanya memberikan berkat mobil karena Fransiska dianggap sebagai pelindung mobil dan para pengemudi. Fransiska tidak pernah mengemudi, tetapi menurut kisah legenda, apabila ia pergi keluar pada malam hari, maka malaikat pelindung mendahuluinya menerangi jalan dengan sebuah lampu besar serupa lentera. Semasa hidupnya Santa Fransiska mengalami 97 penglihatan, diantaranya ia melihat banyak siksa neraka. Gereja memperingati hari pesta Santa Fransiska setiap 9 Maret.

Adik-adik yang terkasih, Santa Fransiska, Perempuan kudus ini menjaga keseimbangan yang harmonis antara kehidupan keluarganya, hubungannya sendiri dengan Tuhan, dan kerinduannya untuk menunjukkan belas kasihan kepada sesama. Ia telah melakukan banyak hal yang terbaik untuk membantu mereka yang menderita, miskin dan sakit. Apa yang dapat kamu lakukan untuk sesama di sekitarmu saat ini? Apakah kamu ingin meneladani Santa Fransiska? Lakukanlah yang terbaik seperti Santa Fransiska, sebab dengan demikian kamu telah melayani Yesus Tuhan.

About

Check Also

SANTO YOHANES DARI CAPESTRANO

SANTO YOHANES  DARI CAPESTRANO Santo Yohanes dari Capestrano dilahirkan di Italia tahun 1386. Ia seorang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *