Home / Berita / SANTO PAULINUS DARI NOLA

SANTO PAULINUS DARI NOLA

gambar orang kudus mekar 06 2015St. Paulinus dilahirkan sekitar tahun 353 di Bordeaux, Perancis. Ayahnya seorang Gubernur dan seorang tuan tanah yang kaya-raya. Paulinus mendapat pendidikan yang baik. Ia menjadi seorang pengacara sekaligus penyair. Ia bepergian ke seluruh Perancis, Spanyol dan Italia, kemana saja pekerjaan atau kesenangan membawanya. Pada tahun 381, dalam usia duapuluh delapan tahun, ia menjadi Gubernur Campania, Italia.

Ketika ia berumur tigapuluh enam tahun, Paulinus menjadi Katolik. Ia dan isterinya, Theresia, mempunyai seorang anak laki-laki. Ketika putera mereka meninggal, mereka membagikan seluruh harta kekayaan kepada orang-orang miskin. Mereka menyisakan hanya yang diperlukan untuk bertahan hidup. Paulinus dan Theresia sepakat untuk hidup sederhana. Pasangan ini berdoa dan bermatiraga. Mereka juga memilih untuk mengucapkan kaul kemurnian guna menyatakan cinta kepada Yesus. Paulinus dan isterinya amat dihormati oleh masyarakat Kristen. Mereka sungguh gembira ketika akhirnya Paulinus memutuskan menjadi seorang imam tahun 394. Ia dan Theresia kemudian membentuk suatu komunitas kecil para biarawan di Nola, Italia. Mereka membuka tempat penampungan bagi orang miskin dan para peziarah.

Paulinus dan Theresia akhirnya memilih tinggal di Nola. Paulinus ingin tinggal dekat tempat ziarah salah seorang santo favoritnya, St. Felix dari Nola. St. Felix adalah seorang imam dan uskup yang wafat tahun 260. Ia menjadi pembela umatnya semasa penganiayaan kejam Kaisar Decius. Uskup Felix terkenal karena ketekunan dalam doa, kasihnya bagi orang banyak, dan cara hidupnya yang miskin. Seabad kemudian, Paulinus mohon bantuan doa St. Felix dan menulis tentang dia. Paulinus merasakan keyakinannya bertambah dengan bantuan St. Felix.

Kesamaan apa gerangan yang dimiliki mantan Gubernur Romawi ini dengan St. Felix? Lebih dari yang dapat diperkirakan St. Paulinus sendiri. Pada tahun 409, ia dipilih menjadi Uskup Nola. Umat merasa sangat gembira. Ia seorang yang bijaksana, uskup yang lemah lembut, sama seperti St. Felix. St. Paulinus dipuji banyak orang kudus yang hidup pada zamannya, St. Ambrosius, St. Agustinus, St. Hieronimus, St. Martinus dari Tours dan lain-lain. Walaupun sebagian dari tulisannya yang berharga hilang, tigapuluh dua syair dan limapuluh satu suratnya masih dapat diselamatkan. St. Paulinus menjabat Uskup Nola hingga akhir hayatnya tahun 431. Gereja merayakan hari pesta Santo Paulinus setiap 22 Juni.

Adik-adik terkasih, St. Paulinus dari Nola berkata, “Dengan segenap hati aku berdoa demi harapan akan Surga, karena harapan dan iman jauh lebih bernilai daripada segala kekayaan dunia ini”. Semoga dalam kehidupan di dunia ini, kita tidak silau dengan segala bentuk kemewahan dan kekayaan, tetapi mengutamakan hormat akan perintah Allah serta berbuat kebaikan kepada semua orang.

About

Check Also

Ekaristi Minggu Prapaskah II, 17 Maret 2019

Menghayati Ekaristi dalam Hidup Sempat bertemu dengan seorang guru yang sungguh baik amatlah menguntungkan bagi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *