Home / Liturgi / SELASA 26 Mei 2015 Peringatan Wajib Santo Filipus Neri

SELASA 26 Mei 2015 Peringatan Wajib Santo Filipus Neri

Antifon pembukaan – Luk 4:18

Roh Tuhan menyertai aku. Aku diurapi-Nya
dan diutus mewartakan kabar gembira kepada kaum fakir miskin dan menghibur yang remuk redam.

Kata Pengantar

Sebuah buku riwayat hidup seorang Santo biasanya dianggap bacaan yang kering menjemukan. Bagaimanapun kebenarannya Filipus Neri merupakan suatu pengecualian. Imam Italia ini penuh humor. Daya khayalnya berlimpahan, selalu asli dalam tingkah laku. Pengaruhnya terhadap kaum muda besar sekali. Rumahnya menjadi tempat pertemuan doa dan renungan. Siapa pun boleh datang dan merasa krasan. “Gembira adalah jalan terbaik menuju kesempurnaan”, demikianlah selalu slogannya.

Doa Pembukaan

Marilah berdoa:
Allah Bapa, sumber kegembiraan kami,
abdi-abdi-Mu yang setia Kauluhurkan dengan kesucian mulia.
Maka kami mohon kepada-Mu, kobarkanlah dalam diri kami
api Roh Kudus yang menyala-nyala dalam hati Santo Filipus Neri.
Demi Yesus Kristus, …

Bacaan I – 1 – Putera Sirakh 35:1-12

Di dalam upacara kurban sikap batin lebih berharga daripada sikap lahir. Sikap lahir bernilai karena mengungkapkan sikap batin. Mematuhi hukum dan memberi derma termasuk kurban sungguh-sungguh.

Pembacaan dari Kitab Putera Sirakh
Mentaati perintah Tuhan sama dengan kurban keselamatan

Memenuhi hukum Taurat itu sama dengan mempersembahkan banyak korban, dan orang yang memperhatikan segala perintah menyampaikan korban keselamatan. Orang yang membalas kebaikan mempersembahkan korban sajian dan yang memberikan derma menyampaikan korban syukur. Yang direlai oleh Tuhan ialah menjauhi kejahatan, dan menolak kelaliman merupakan korban penghapus dosa.
Jangan tampil di hadirat Tuhan dengan tangan yang kosong, sebab semuanya wajib menurut perintah. Persembahan orang jujur melemaki mezbah, dan harumnya sampai ke hadapan Yang Mahatinggi. Tuhan berkenan kepada korban orang benar, dan ingatannya tidak akan dilupakan. Muliakanlah Tuhan dengan kemurahan, dan buah bungaran di tanganmu janganlah kausedikitkan. Sertakanlah muka yang riang dengan segala pemberianmu, dan bagian sepersepuluh hendaklah kaukuduskan dengan suka hati. Berikanlah kepada Yang Mahatinggi berpadanan dengan apa yang Ia berikan kepadamu, dengan murah hati dan sesuai dengan hasil tanganmu. Sebab Dia itu Tuhan pembalas, dan engkau akan dibalas-Nya dengan tujuh lipat. Jangan mencoba menyuap Tuhan, sebab tidak diterima-Nya, dan janganlah percaya pada korban kelaliman! Sebab Tuhan adalah Hakim, yang tidak memihak.

Demikianlah Sabda Tuhan
Syukur kepada Allah

Mazmur Tanggapan

Orang yang jujur jalannya, akan menyaksikan keselamatan yang dari Allah

Bait Pengantar Injil

Alleluya
Terpujilah Engkau Bapa, Tuhan langit dan bumi, sebab misteri kerajaan Kaunyatakan kepada kaum sederhana (Lih Mat 11:25)

Bacaan Injil – Markus 10:28-31

Barangsiapa menerima tawaran Tuhan dan sanggup benar-benar hidup demi Tuhan dan sesama meniru Kristus, akan memperoleh suka cita di situ. Dan bukan hanya kelak, tetapi kini pun sudah dapat menikmatinya di dalam kesulitan dan cobaan.

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Markus
Sekalipun disertai penganiayaan, pada masa ini juga kalian akan menerima kembali seratus kali lipat, dan di masa datang menerima hidup yang kekal

Setelah Yesus berkata betapa sukarnya orang kaya masuk Kerajaan Allah, berkatalah Petrus kepada Yesus: “Kami ini telah meninggalkan segala sesuatu dan mengikut Engkau!” Jawab Yesus: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya setiap orang yang karena Aku dan karena Injil meninggalkan rumahnya, saudaranya laki-laki atau saudaranya perempuan, ibunya atau bapanya, anak-anaknya atau ladangnya, orang itu sekarang pada masa ini juga akan menerima kembali seratus kali lipat: rumah, saudara laki-laki, saudara perempuan, ibu, anak dan ladang, sekalipun disertai berbagai penganiayaan, dan pada zaman yang akan datang ia akan menerima hidup yang kekal. Tetapi banyak orang yang terdahulu akan menjadi yang terakhir dan yang terakhir akan menjadi yang terdahulu.”

Demikianlah Sabda Tuhan
Terpujilah Kristus

Doa persembahan

Allah Bapa, sumber suka cita sejati, sambil mempersembahkan kurban pujian kami mohon, semoga seturut teladan Santo Filipus Neri kami selalu riang gembir dalam memuliakan nama-Mu dan mengabdi sesama manusia. Demi Kristus,….

Antifon komuni
• Aku akan menyertai kalian setiap hari sampai akhir dunia.

Doa penutup

Marilah berdoa:
Allah Bapa, sumber kehidupan kami,
sesudah menikmati santapan surgawi kami mohon,
semoga kami seperti Santo Filipus Neri selalu merindukan kurnia-Mu
yang sungguh menghidupi kami. Demi Kristus, …

About

Check Also

MINGGU PASKAH VII, 2 Juni 2019: Hari Komunikasi sosial Sedunia ke-53

Setiap tahun, Gereja Katolik semesta merayakan Hari Komunikasi Sosial. Hari ini adalah hari komunikasi sedunia …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *