PEWARTAAN IMAN MELALUI WEBSITE

IMG_1135_1024x683Pentingnya pewartaan iman untuk masa kini terungkap dalam berbagai pembicaraan formal maupun informal. Dalam rangka ini Komisi Komunikasi Sosial bekerja sama dengan Bimas Katolik Sumatera Barat mengadakan pelatihan khusus bagi perwakilan paroki-paroki yang berada di rawil Sumbar (31 Mei – 2 Juni 2015) yang bertempat di Paroki St. Fransiskus Assisi Padangbaru, Padang.

“Bagaimana kita berkomunikasi tentang iman yang paling mendasar itu adalah penting. Paus Benediktus XVI mengatakan ‘wartakanlah Injil Kristus sampai ke atap-atap rumah’. Karena itu kalian sebagai peserta akan dibimbing oleh P. Riduan sebagai ketua Komisi Komsos bersama tim. Nanti ketika kembali ke paroki-paroki, bantulah pastor paroki kalian” uangkap Pembimas Katolik Henrikus Jomi, S.Ag., ketika membuka acara tersebut.

Setelah pemIMG_1109_1024x683bukaan kegiatan dipandu oleh P. Riduan Fransiskus Naibaho, Pr. Sebelum memulai materi tentang hakekat komunikasi di dalam evangelisasi, Pastor Riduan mengajak peserta untuk mensyukuri perkembangan tekhnologi komunikasi yang begitu cepat dan di luar dugaan manusia sebelumnya.”Marilah kita bersyukur untuk alat-alat komunikasi yang kita miliki. Itu merupakan anugerah atau kado terindah untuk manusia zaman ini” ungkapnya. Setelah bersyukur, P. Riduan mempresentasikan blog-blog paroki yang akan dikerjakan selama hari-hari ini. Alamat blog-blog paroki yang sudah dibuat  dapat di klik pada link berikut ini antara lain :

Kemudian PIMG_1112_1024x683. Riduan memaparkan fungsi komunikasi untuk mendidik (To educate), meyakinkan (To persuade), menghibur (To entartain), menginformasikan (to inform). Kepada peserta dari seluruh paroki-paroki yang berasal dari seluruh wilayah Sumbar minus Katedral dan Pasaman, Pastor Riduan bertanya “Apa yang kita harapkan dari komunikasi?” Kita mengharapkan adanya perubahan sikap (attitude change), perubahan pendapat (opinion change), perubahan perilaku (behavior change), perubahan sosial (social change).

Selanjutnya kepada peserta dipaparkan pengertian, tujuan, isi evangelisasi sebagai hakekat kehadiran Gereja hadir ditengah dunia. “Kebaikan harus dibagikan! Kegembiraan harus  seperti lampu yang memancar kepada yang lain. Santo Paulus mengatakan kita memiliki kasih Kristus (2 Kor 5:14). Kegembiraan itu merupakan kepenuhan hidup: “Celakalah aku, jika aku tidak memberitakan Injil! “(1 Kor 9:16).

IMG_1102_1024x683

 

 

 

 

 

 

About

Check Also

Ekaristi KAMIS BIASA XXXI, 5 November 2020

Antifon Pembukaan – Mazmur 105:4-5  Carilah Tuhan dan kekuatan-Nya, carilah selalu wajah-Nya! Ingatlah perbuatan-perbuatan …

Leave a Reply