TANDA (Renungan SENIN PRAPASKAH IV, 27 Maret 2017 Oleh Fr. Komes)

Senin, 27 Maret 2017

Hari biasa pekan Prapaskah IV (U)

Yes. 65: 17-21 ; Yoh. 4:43-54

TANDA

Seorang anak baru menerima pengajaran di sekolahnya dalam pelajaran elektro, terkait tanda positif (+) dan negatif (-). Ketika ia ke gereja pada hari minggunya, ia melihat salib di altar yang menurutnya mirip tanda positif yang pernah dipelajarinya di sekolah. Anak itu kemudian berkata pada ayahnya, “Yah, di altar itu ada tanda positif loh!” Ayahnya kemudian berpikir dan akhirnya berkata dalam hatinya, “Benar juga, salib itu tanda positif…”

Saudara-i terkasih,

Injil hari ini menceritakan tanda yang diberikan Yesus, yakni dengan menyembuhkan anak seorang pegawai istana. Sebelumnya, diceritakan bahwa Yesus telah membuat tanda dengan mengubah air menjadi anggur di Galilea. Karena kabar itulah maka pegawai istana ingin meminta penyembuhan dari Yesus. Akhirnya, anak pegawai itu sembuh. Yang menarik adalah pernyataan Yesus tentang mukjizat yang membuat orang percaya pada-Nya (ay.48) dan pegawai istana yang menyadari tanda itu setelah anaknya mengalami kesembuhan (ay. 54).

Rahmat Allah sebenarnya dapat kita temukan dalam keseharian, misalnya saja ketika kita mengalami kesembuhan dari sakit. Hal itu bisa menjadi pertanda bagi kita tentang Allah yang bekerja lewat penyembuhan yang kita alami. Masih banyak lagi tanda-tanda kehadiran Allah yang dapat kita temukan.

Tanda-tanda itu jelas penting, apalagi bila kita mampu menemukan makna terdalam untuk dapat kita pahami. Apa yang lebih penting adalah ketika kita terbuka dan mau menerima kekuatan Yesus yang memberi kehidupan. Tanda hanyalah salah satu sarana untuk beriman kepada Yesus.

Tuhan Yesus Kristus, bimbinglah kami pada kasih sejati-Mu yang dapat kami temukan lewat tanda-tanda yang Engkau berikan kepada kami. Amin… (Fr. Komes)

Ekaristi Hari ini: SENIN PRAPASKAH IV, 27 Maret 2017… Klik disini!!

 

About

Check Also

Ekaristi KAMIS BIASA XXXI, 5 November 2020

Antifon Pembukaan – Mazmur 105:4-5  Carilah Tuhan dan kekuatan-Nya, carilah selalu wajah-Nya! Ingatlah perbuatan-perbuatan …

Leave a Reply