Dipanggil Untuk Melayani (Renungan Jumat BIASA XXIX, 21 OKTOBER 2016)

Dipanggil Untuk Melayani

Saudara-saudari terkasih, kata “melayani” adalah hal yang biasa kita dengar dan kita lakukan setiap hari dalam lingkaran dinamika hidup kita. Tetapi apakah kata melayani itu sudah kita laksanakan dengan penuh kasih dan tulus ikhlas, atau hanya ingin dikatakan baik di mata oranglain. Saya harap kita tidak menjadi orang yang mencari muka di hadapan oranglain atau berlaku munafik.

Yesus dalam bacaanNya hari ini mengingatkan kita akan keberadaan kita sebagai pengikut Yesus. Kita ada sekaligus dipanggil untuk melayani Tuhan dalam diri sesama dengan tulus ikhlas dan penuh kasih. Dituntut untuk meneladani sikap dan tindakan Yesus.

Hal yang sederhana dapat kita aplikasikan dalam kehidupan kita sehari-hari ialah melayani atau membantu orang yang membutuhkan pertolongan kita, membuka tangan bagi mereka yang berkekurangan dan lain sebagainya. Bentuk pelayanan pun ada beraneka ragam misalnya, sebagai ayah dalam keluarga, sebagai guru di sekolah, sebagai pengurus Gereja.

Saudara-saudari terkasih bacaan hari ini menyadari dan meyakini bahwa bentuk pelayanan kita adalah anugerah dan rahmat yang harus kita syukuri setiap hari, karena semuanya itu  ada dan tertuju kepada Allah. Singkatnya, kita hidup sesuai dengan panggilan kita sebagai orang kristen. Panggilan yang ada dalam diri kita harus menjadi warna dalam pelayanan kita kepada siapa saja yang ada dalam lingkungan masyarakat kita.

Maka kita dituntut dan dituntun oleh Tuhan untuk membuka hati, memberi diri bagi mereka yang membutuhkan. Yesus mengajak kita untuk sama-sama bertanggugjawab terhadap sesama. Bentuk tanggungjawab itu dapat kita lakukan mulai dari diri kita, mulai dari hal-hal yang sederhana.

Kepekaan diri adalah salah satu bentuk perhatian kita kepada Tuhan dalam sesama. Karena kita tidak bisa mengubah dunia tanpa dimulai di dalam diri. Mari saudara-saudari terkasih kita hidupi panggilan sesuai dengan kharisma kita dengan sukacita. (Fr. Jon Mezer Manullang)

Ekaristi Hari ini: JUMAT BIASA XXIX, 21 OKTOBER 2016…. Klik di sini!!

About

Check Also

Ekaristi KAMIS BIASA XXXI, 5 November 2020

Antifon Pembukaan – Mazmur 105:4-5  Carilah Tuhan dan kekuatan-Nya, carilah selalu wajah-Nya! Ingatlah perbuatan-perbuatan …

Leave a Reply