Kehadiran Yesus Membawa Kebahagiaan (Renungan JUMAT PRAPASKAH IV, 31 Maret 2017 Oleh Fr.Dede Eko Pratama Tumanggor)

31 Maret 2017

Yoh 7:1-2,10,25-30

Kehadiran Yesus membawa kebahagiaan

Pesta pondok daun dalam tradisi Yahudi disebut sukkoth, pesta tahunan musim panas ini untuk bersyukur kepada Allah atas panenan dan atas mukjizat air dan tiang api dalam sejarah keluaran. Pesta ini adalah pesta yang paling populer dan paling meriah dalam kalender orang Yahudi. Selama pelaksaan peste itu, mereka tinggal di pondok-pondok daun untuk memperingati saat panenan dan pengembaraan di padang gurun.

Pesta ini dilakukan selama satu minggu di bulan September sampai Oktober. Selama pesta berlangsung orang selalu mengambil air dari kolam siloam dan dibawa ke Bait Allah. Dalam Bait Allah, air tersebut dicurahkan di mezbah dan doa-doa pun dipanjatkan untuk memohon curahan hujan di musin dingin.

Yesus pun hadir dalam pesta ini dengan cara diam-diam. Tetapi mereka melihat dan tidak dapat menyangkal akan karya-karya yang dilakukan Yesus. Pernyataan para saudara Yesus dan mereka merupakan bagian dari Gereja sesudah kebangkitan dan para saudara Yesus juga harus berjuang melalui tantangan-tantangan dan kegagalan-kegagalan untuk sampai pada pengakuan dalam iman Kristen.

Ajaran Yesus bukanlah dari diri-Nya, melainkan dari Allah yang mengutus Dia. Yesus menyampaikan ajaran-Nya dengan setia. Sebaliknya, para lawan-Nya tidak menaati hukum Musa yang mereka akui. Mereka dapat melaksanakan sunat hari sabat, tetapi menjadi marah ketika Yesus menyembuhkan orang sakit pada hari sabat.

Dengan kejadian yang dilakukan oleh Yesus pada hari sabat membuat mereka ingin menangkap Yesus untuk di hukum. Tetapi apa yang terjadi pada rencana mereka, mereka tidak dapat menangkap Yesus. Hal itu juga terjadi dalam kehidupan kita di dunia ini, kita sering tidak menangkap makna suatu peristiwa yang terjadi dalam kehidupan kita dan selalu menyalahkan Yesus di saat kita tertimpa suatu masalah yang besar dan lupa bersyukur kepada Yesus di saat kita memperoleh apa kita inginkan selama hidup ini. (Fr.Dede Eko Pratama Tumanggor)

Ekaristi Hari ini: JUMAT PRAPASKAH IV, 31 Maret 2017…. Klik disini!!

About

Check Also

Ekaristi Minggu 6 juni 2021: Tubuh dan Darah Kristus (HR)

Menghayati Ekaristi dalam hidupKebersamaan yang mau diperkembangkan oleh Kristus di antar umat manusia, membawa mereka …

Leave a Reply