Mengerti Rencana Allah (Renungan Sabtu 10 Desember 2016, Oleh Fr. Andreas Salamanang)

Sabtu 10 Desember 2016

Bac I : Sir 48:1-4, 9-11

Injil : Mat 17:10-13

Mengerti Rencana Allah

Saudara-saudari yang terkasih, untuk mengetahui rencana Allah dalam hidup kita, pertama-tama harus ditanggapi dengan sikap iman yang tulus dan menyangkut seluruh totalitas diri kita. Sebab tidak secara mudah kita memahami misteri Allah yang sifatnya seluas segala kenyataan. Untuk itu, sikap dan iman merupakan jembatan yang dapat menghubungkan relasi eksistensial antara Allah dan kita sebagai umatnya. Maka dari pihak kita sangat dibutuhkan sebuah ungkapan batin dengan rela membuka diri, sehingga rahasia-rahasia Allah yang kadangkala dianalogikan dalam bentuk perumpamaan dapat kita mengerti dengan benar sesuai iman yang kita miliki.

Saudara-saudari yang terkasih, dalam Injil hari ini juga terlihat sekilas reaksi kebingungan para murid dalam menanggapi misterisitas Allah. Pertanyaan-pertanyatan yang diungkapkan para murid menunjukkan ada hal dasar yang kurang dimengerti secara benar mengenai inkarnasi Yesus Kristus di dunia. Dalam Injil terkesan sedikit problematis jika tidak dipahami dan dilatarbelakangi dengan pengetahuan yang cukup mengenai kehadiran dan pewartaan Elia dan Yohanes pembaptis dalam kaitannya dengan Yesus. Namun sudah sesuatu yang pasti dan tidak  bisa diragukan bahwa kehadiran Yohanes Pembaptis pertama sekali untuk mempersiapkan jalan bagi kedatangan penyelamat dunia yakni Yesus Kristus. kehadiran Yesus di dunia sebenarnya sudah diwartakan sejak dulu oleh para nabi dalam Perjanjian Lama.

Saudara-saudari seiman yang terkasih, setiap pribadi yang beriman kepada Allah punya cara tersendiri dalam menyikapi kehadiran Yesus dalam hidupnya. Lalu yang menjadi permenungan untuk kita ialah, sudah sejauh mana persiapan batin kita dalam menyambut dan mempersiapkan kedatangan Sang Juruselamat dalam hidup kita? Pertanyaan reflektif tersebut hanya mungkin terjawab dengan benar jika selama masa Adven ini dapat kita gunakan dengan baik untuk melihat kembali sejarah iman dan kepercayaan kita kepada Allah serta berupaya menjaga keharmonisan kita dengan orang-orang yang ada disekitar kita. Semoga Allah tetap membimbing dan melindungi kita, sehingga kita benar-benar mampu mempersiapkan kedatangan-Nya. Amin. (Fr. Andreas Salamanang)

Liturgi Hari ini: SABTU PEKAN ADVEN II, 10 Desember 2016…Klik di sini!!

About

Check Also

Ekaristi KAMIS BIASA XXXI, 5 November 2020

Antifon Pembukaan – Mazmur 105:4-5  Carilah Tuhan dan kekuatan-Nya, carilah selalu wajah-Nya! Ingatlah perbuatan-perbuatan …

Leave a Reply