Percaya (Renungan oleh Fr. Wolfram Nadeak, Hari Minggu Paskah VI, 1 Mei 2016)

PERCAYA
Percaya berarti meyakini dan mengakui sesuatu itu ada. Maksudnya, dengan mengatakan percaya, seseorang yakin akan sesuatu yang dipikirkannya, dibicarakannya, dan diharapkannya sungguh-sungguh nyata. Percaya selalu terarah kepada sesuatu yang sungguh-sungguh ada dan nyata.
Dalam bacaan pertama, kepada kita diketengahkan bahwa Paulus dan Barnabas pergi ke Antiokhia, bersama mereka disertakan dua orang yakni Barsabas dan Silas. Mereka diikutkan dalam pewartaan Paulus dan tinggal sementara waktu di Antiokhia. Siapa mereka, mengapa kedua orang ini mau saja diutus ke tempat yang tidak mereka kenal? Apa yang menggerakkan mereka? Apakah mereka mengerti apa yang akan mereka kerjakan? Apakah mereka mengenal dan berjumpa dengan Yesus yang hendak mereka wartakan? Rasanya mereka tidak mengenal siapa Yesus secara ragawi. Mereka mengenal Yesus dalam apa yang mereka dengar dan imani dari kesaksian para rasul dan mereka percaya akan hal itu.
Dalam Injil dikatakan bahwa Yesus akan datang dan berdiam bersama mereka yang menuruti firman-Nya. Barsabas dan Silas bersedia dan berani diutus ke tempat yang tidak mereka kenal karena kedua orang ini adalah orang yang setia akan kasih Allah dan tekun akan Firman-Nya. Yesus tidak tinggal dalam bait Allah di Yerusalem tetapi di dalam diri mereka karena mereka PERCAYA akan YESUS yang tinggal dalam diri mereka. Inilah yang menggerakkan mereka untuk terlibat, hadir sebagai saudara yang menghadirkan Kristus kepada umat di Antiokhia.
Kita semua, orang-orang beriman yang telah dibaptis, mengaku pengikut Kristus, sungguhkan menyadari kehadiran Tuhan di tengah-tengah kita, dalam seluruh pengalaman hidup kita? Dan sejauh mana kita mau ambil bagian seperti Barsabas dan Silas menghadirkan Kristus dalam hidup kita bagi sesama? Seperti kedua orang ini dan bersama Maria bunda kita yang bulan ini kita dedikasikan kepadanya, mari, kita diajak untuk menghadirkan Kristus dalam hidup kita dengan seluruh cara berada kita. (Oleh Fr. Wolfram Nadeak -Calon Imam untuk Keuskupan Padang)

EKARISTI HARI INI: MINGGU PASKAH VI, 1 Mei 2016 …KLIK DI SINI!

About

Check Also

Ekaristi KAMIS BIASA XXXI, 5 November 2020

Antifon Pembukaan – Mazmur 105:4-5  Carilah Tuhan dan kekuatan-Nya, carilah selalu wajah-Nya! Ingatlah perbuatan-perbuatan …

Leave a Reply