RIP: Mgr. Hilarius Moa Nurak, SVD (USKUP PANGKAL PINANG)

Berita duka datang dari Keuskupan Pangkal Pinang. Mgr. Hilarius Moa Nurak, SVD Uskup Keuskupan Pangkal Pinang baru saja (29 April 2016) meninggal dunia di Singapura. Hal ini disampaikan oleh Bapa Uskup Mgr. Martinus Dogma Situmorang OFM.Cap melalui sms yang ditujukan kepada seluruh imam dan umat “Car. Mgr Hilarius Moa Nurak, Uskup Pangkal Pinang, sudah dipanggil ke rumah Bapa tadi pukul 11.15 waktu Singapura. Kita doakan dan mohon seluruh umat mendoakan beliau. RIP”.

Mgr. Hilarius Moa Nurak, S.V.D. (lahir di Waikabubak, Sumba, Nusa Tenggara Timur, 21 Februari 1943; umur 73 tahun) adalah Uskup di Keuskupan Pangkal Pinang. Masuk kedalam kongregasi Serikat Sabda Allah dan ditahbiskan menjadi Imam pada tanggal 2 Agustus 1972.

Pada tanggal 30 Maret 1987, ditunjuk menjadi Uskup Pangkal Pinang dan ditahbiskan menjadi Uskup pada tanggal 2 Agustus 1987. Bertindak sebagai Uskup Konsekrator adalah Mgr. Darius Nggawa, SVD dan sebagai konsekrator adalah Mgr. Pius Datubara OFM Cap. dan Mgr. Joseph Hubertus Soudant.

Pada tanggal 19 Arpil 2016 lalu, Mgr Hila jatuh dari tempat tidur dan kepalanya mengalami benturan, sehingga terjadi pendarahan.
Ia kemudian dilarikan ke Rumah Sakit Bhakti Timah, Pangkalpinang dan dirawat di ruangan ICU. Namun karena kondisinya yang tidak membaik, pihak keuskupan Pangkal Pinang membawanya ke Singapura untuk pengobatan lebih lanjut di RS Mount Alvernia pada tanggal 21 April lalu.

Agenda penghormatan dan pemakaman adalah sbb:

– Jumat 29 April 2016disemayamkan di Gereja St. Petrus Lubuk Baja, Batam.
– Sabtu, 30 April 2016 Pkl 15.00 dihantar dari Batam ke Pangkalpinang.
Pkl 17.00 ibadat penyambutan di Gereja Katedral selanjutnya disemayamkan di Katedral.
– Minggu, 1 Mei 2016 Pkl 08.00 perayaan Ekaristi bersama umat di Gereja Katedral.
Pkl 17.00 Misa requiem di Gereja Katedral
– Senin, 2 Mei 2016 Pkl 12.00 Misa requiem pemakaman dilanjutkan pemakaman pkl
15.00 di Kompleks Gua Maria Ratu Para Imam – di belakang kompleks keuskupan.

Selamat Jalan Bapa Uskup. Allah bersama para malaikat-Nya menyambutmu dalam kebahagiaan surgawi.

Mgr Hilarius Moa Nurak SVD

(Photo: Mgr. Hilarius Moa Nurak SVD dalam pertemuan para uskup se-Sumatera di Padang)

About

Check Also

Ekaristi KAMIS BIASA XXXI, 5 November 2020

Antifon Pembukaan – Mazmur 105:4-5  Carilah Tuhan dan kekuatan-Nya, carilah selalu wajah-Nya! Ingatlah perbuatan-perbuatan …

Leave a Reply