PERESMIAN PAROKI ST YOHANES PEMBAPTIS PERAWANG

Pada tanggal 8 September 2013 – di Padang-  Bapa Uskup, Wali Gereja Katolik Keuskupan Padang – Mgr. Martinus D Situmorang OFM Cap – menetapkan untuk mendirikan secara kanonis Paroki di Perawang dengan pelindung Santo Yohanes Pembaptis.


perwawang

St Yohanes Pembabtis merupakan salah satu Stasi dari Paroki St Paulus Pekanbaru. Paroki St Paulus sendiri resmi menjadi Paroki pada 12 september 1999, dan dengan penuh syukur pada tanggal 14 Sept 2013 telah menetaskan Paroki baru, – paroki ke 23 di wilayah Keuskupan Padang – St Yohanes Pembaptis Perawang, sesuai dengan dekrit pendirian no 090/SKep/KP/C.1.1/IX/2013 yang ditandatangani Bapa Uskup.

Wilayah Stasi Paroki St Yohanes Pembaptis Perawang berasal dari Paroki Santo Paulus, yaitu Stasi St Yohanes Pembaptis Perawang sendiri, ST Fidelis Karo Simalem, Minas Barat yang masih merupakan calon Stasi, St St Aloysius Minas 49. Juga Stasi-stasi dari Paroki Hati kudus Yesus Pangkalan Kerinci, yaitu Jambrut, Pangkalan Makmur, Teluk Merbau, Inti empat Lubuk dalam, Inti empat sei buatan, Empang pandan, Teluk Siak Estate, dan Sialang sakti. Serta, stasi-stasi dari Paroki St Fransiskus Xaverius Dumai, yaitu stasi Siak Raya dan Stasi Sei Barbari.

Acara peresmian dilakukan Minggu, tanggal 15 September 2013, dimulai pukul 10.00 waktu setempat dengan membuka selubung papan nama Paroki yang baru, penandatanganan prasasti, pemotongan pita dan Misa Syukur yang langsung dipimpin oleh Bapa Uskup, didampingi para pastor – Rm Antonius Kelik Pribadi SCJ, Rm Harnasa Purba SCJ, Rm Blasius Sumaryono SCJ, Rm Paulus Drian Suwandi SCJ, Pastor Franco Qualizza SX, Rm Dwi Sapto SCJ, Rm Florianus Sarno Pr. Selain itu hadir juga Rm Frans de Sales yang pada misa berperan sebagai juru foto.

IMG_7265

Bacaan Injil dibacakan oleh Rm Paulus Drian S SCJ – yang merupakan Pastor Paroki St Yohanes Pembatis Perawang. Dibacakan juga Dekrit keputusan pendirian Paroki oleh pastor Franco Qualizza SX – sebagai pastor paroki St Paulus Pekanbaru yang menetaskan stasinya untuk sebuah paroki baru.

Dalam homili, bapa Uskup mengungkapkan bahwa St Yohanes Pembabtis  adalah santo yang mengajari bahwa pembaptisan itulah yang menguduskan, mengantar orang ke pertobatan dan pertemuan dengan Allah. Maka terimalah rahmat itu, dan semoga semakin bertambah umat yang yang semakin mandiri dan berbuah berlimpah-limpah.

Setelah Misa diadakan acara ramah tamah, salah satunya penyerahan secara simbolis stasi-stasi dari ketiga Paroki kepada Keuskupan – yang kemuadian diserahkan kepada paroki baru – St Yohanes Pembaptis. Acara dilanjutkan dengan tampilan beberapa kesenian daerah

===================================================================

Sumber : Paroki St Paulus Pekanbaru

About gema

Leave a Reply