Perpisahan dan Perutusan (Renungan Kamis, 5 Mei 2016 Hari Raya Kenaikan Tuhan, Oleh Fr. Prian Doni Malau)

Perpisahan dan Perutusan
Kis.1:1-11; Mzm.47:2-3,6-7,8-9;
Ef.1:17-23 atau Ibr.9:24-28;10:19-23;
Luk.24:46-53

Setiap kali saya hendak pergi kembali untuk melanjutkan pendidikan saya di Seminari Menengah Christus Sacerdos Pematangsiantar, saya selalu meminta ibu untuk mendoakan saya. Perpisahan yang saya alami pada saat itu membuat saya menjadi kuat dan melahirkan semangat baru bagi saya untuk mengejar cita-cita. Perpisahan itu sekaligus perutusan bagi saya untuk mengejar mimpi dan memberikan yang terbaik bagi ibu saya untuk membalas segala kebaikan dan perjuangannya untuk menyekolahkan saya.

Ibu, bapak, dan saudara-saudari yang terkasih. Pada hari ini adalah Hari Raya Kenaikan Tuhan. Yesus naik ke surga setelah mengalami karya, penderitaan, wafat, dan kebangkitan. Bacaan Injil hari ini melukiskan bagi kita bagaimana Yesus berpisah dengan para murid, memberikan berkat, dan mengutus mereka sebagai saksi atas seluruh kehidupan Yesus. Yesus akan mengirim kepada para murid apa yang telah dijanjikan oleh Bapa-Nya. Dalam kitab Kisah Para Rasul dilukiskan bahwa mereka akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas mereka, dan menjadi saksi-Nya di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi.

Perpisahan yang dialami oleh para murid dengan Yesus adalah puncak dari karya Yesus dan awal permulaan dari perutusan Gereja. Perpisahan pada umumnya yang dialami oleh banyak orang mengandung kesedihan, namun perpisahan yang dialami oleh para murid penuh dengan kegembiraan. Perpisahan itu menggembirakan sebab mereka telah memahami perutusan Yesus dan menantikan karunia yang Yesus janjikan.

Bapak, ibu, dan saudara-saudari yang terkasih pada Hari Raya Kenaikan Tuhan ini kita juga mendapat perutusan dari Yesus untuk menjadi saksi-saksi-Nya dalam kehidupan konkret kita terhadap sesama. Allah Bapa dan Allah Putra telah mengutus Roh Kudus bagi kita sebagai kekuatan untuk berani bersaksi atas iman kita. Ya Allah Bapa dan Allah Putra kiranya Engkau senantiasa mengutus Roh Kudus-Mu atas hidup kami untuk menjalankan perutusan kami dengan sebaik-baiknya. Amin.

Ekaristi Hari ini: Kamis 5 Mei 2016: HARI RAYA KENAIKAN TUHAN…Klik disini!!!

About

Check Also

Ekaristi KAMIS BIASA XXXI, 5 November 2020

Antifon Pembukaan – Mazmur 105:4-5  Carilah Tuhan dan kekuatan-Nya, carilah selalu wajah-Nya! Ingatlah perbuatan-perbuatan …

Leave a Reply