Yesus vs Maut (Renungan SABTU MALAM PASKA, 15 APRIL 2017 Oleh Fr. Roy Basuki)

Sabtu 15 April 2017

Malam Paskah

Mrk 16 :1-8

Yesus vs Maut

Masa Prapaskah adalah suatu hal yang setiap tahun selalau berulang. Pada masa ini orang kristiani diajak untuk kembali membaharui diri untuk bertobat untuk meninggalkan cara hidup lama, untuk melawan terhadap dosa “supaya” bangkit bersama Kristus kedalam suatu kehidupan dihari Paskah ini.

Dihari Raya Paskah kebangkitan Kristus Tuhan, upacara cahaya dilakukan dengan meriah, segalanya yang termasuk dalam rangkaian melampasakah harus dimaksimalkan dengan baik agar pemaknaan kebangkitan yang kita rayakan akan menjadi momentum yang tak terlupakan. Ketika hendak merayakan malam Paskah sedapat mungkin umat atau kita semua berkumpul diluar gereja mengelilingi api unggun yang diberkati; lalu diarak dalam perarakan menuju perayaan liturgi dan dinyaikan lagu pujian paskah dengan benar dan Agung.

Dalam pengalaman yang dialami oleh para murid adalah kecewa, marah, malu, takut, perasaan mereka tidak enak ketika andalan mereka digantung disalib. Mereka merasa tidak yakin ketika Yesus disalibkan, keinginan mereka memiliki raja yang bisa membuat sejahtera secara duniawai tidak terjadi. Kinginan yang mereka ingin wujudkan teras sis-sia, sebab Mesias tidak mampu berbuat apa-apa. Yesus pasrah dikayu salib. Namun bukan berarti Yesus kalah, tetapi Yesus menang berkat pengorbanan yang sangat luar biasa untuk menanggung dosa orang beriman. Yesus akan bangkit kembali seperti apa yang sudah Dia katakan. Dia akan menang atas maut dan mengalahkan segala dosa-dosa.

Peristiwa kebangkitan mengalahkan kita untuk menikmati kebahagiaan tidak berdasarkan keinginan, tetapi berdasarkan kenyataan bahwa Allah mencintai kita tanpa batas dan tanpa syarat. Dosa pribadi tiddak mengahalangi cinta Allah pada kita bahkan kematian pun tidak mampu membatalkan kasih itu.

By: Fr. Roy Basuki

About

Check Also

Ekaristi Minggu 6 juni 2021: Tubuh dan Darah Kristus (HR)

Menghayati Ekaristi dalam hidupKebersamaan yang mau diperkembangkan oleh Kristus di antar umat manusia, membawa mereka …

Leave a Reply