AKU MENGENAL DIA (Renungan KAMIS PRAPASKAH V, 6 April 2017 Oleh Fr. Maximus Kosat)

Kamis, 06 April 2017

Hari biasa Pekan V Prapaskah

Bce: Kej. 17:3-9; Yoh 8:51-59

AKU MENGENAL DIA

Ketika ada orang yang mengatakan bahwa ia mengenal seseorang itu menunjukkan bahwa mereka memiliki hubungan, punya ikatan, pernah bertemu, pernah bersama, dan terjadi komunikasi atau relasi di antara mereka. Dari pengenalan yang ada, ia dapat bersaksi, memberi keterangan, atau informasi tentang orang yang dikenalnya kepada orang lain ketika orang lain membutuhkannya. Tingkat kebenaran akan kesaksian itu tentulah akurat dan tidak dapat diragukan.   Sebaliknya, kalau ada orang yang memberi kesaksian, keterangan, pun informasi tentang keberadaan seseorang yang sama sekali tidak ada relasi atau hubungan di antara mereka maka, semua itu adalah palsu atau kebohongan.

Kita yang mengaku diri sebagai pengikut Kristus, yakin dan percaya bahwa Yesus adalah Anak Allah. Dengan gelar anak Allah yang melekat dalam diri Yesus, dengan sendirinya itu menunjukkan bahwa antara Yesus dengan Allah memiliki hubungan yang sangat dekat yakni Yesus sebagai seorang Anak dan Allah adalah Bapa-Nya. Sebagai seorang Anak dan seorang Bapa, tentulah mereka saling mengenal dengan baik, tinggal bersama dalam suatu tempat  yang sama, dan terjadi relasi di antara mereka. Oleh karena itu, ketika Yesus bersaksi tentang Allah yang mengutus-Nya ke dunia ini untuk member kesaksian tentang Allah dan segala kehendak-Nya maka, kesaksian itu adalah benar adanya. Hanya Yesus Kristuslah yang tinggal dan berada bersama dengan Allah.

Sebagai umat beriman kristiani, kesaksian Yesus tentang Allah dan segala kehendak-Nya seharusnya membawa kita pada keyakinan yang kuat akan Allah. Kesaksian itu hendaknya memberikan pengenalan yang lebih dalam lagi tentang Allah sehingga kita boleh mengikatkan diri dengan-Nya dan menjadikan Dia sebagai seorang Bapa di dalam hidup kita juga. Kita yang mengenal Allah sebagai seorang Bapa dengan baik, akan dikenal oleh Allah juga sebagai anak-Nya. (Fr. Maximus Kosat)

Ekaristi Hari ini: KAMIS PRAPASKAH V, 6 April 2017… Klik disini!!

About

Check Also

Ekaristi KAMIS BIASA XXXI, 5 November 2020

Antifon Pembukaan – Mazmur 105:4-5  Carilah Tuhan dan kekuatan-Nya, carilah selalu wajah-Nya! Ingatlah perbuatan-perbuatan …

Leave a Reply