Belajar dari Pengalaman (Renungan JUMAT PEKAN ADVEN III, 16 DESEMBER 2016 Oleh Fr. Roy)

Jumat 16 Desember 2016
Yoh 5:33-36 Mi 7:14-20
Belajar dari Pengalaman

Saudara-saudara saya mempunyai sebuah pengalaman yang saya dapatkan dari kedua orang tua saya dan kedua kakak saya. Pengalaman ini sangat menjadi sangat berarti bagi saya, mengapa? Karena mereka mendidik dengan tegas, keras, lembut, dan penuh kesabaran. Mereka sungguh mengajariku betapa pentingnya hidup tidak bersantai-santai harus ada perjuangan yang diberikan. Kesaksian serta praktek langsung mereka tunjukan kepada saya agar mampu mengukuti apa yang sudah mereka lakukan. Bagi saya memang tidak gampang untuk hidup  yang demikian, kenapa saat ini kita disajikan dengan hal yang serba instan, namun dengan semangat dan kesaksian mereka membuat saya untuk tidak hidup bersantai-santai tapi lebih semangat untuk berbuat yang demikian.

Didikan orang tua terhadap anak dalam sebuah keluarga tentunya menitipkan banyak pesan, salah satunya pesan yang dititipkan adalah memberikan kesaksian tentang siapa dirinya dengan mewujudkan apa yang mereka pelajari dari teladan hidup mereka. Bagi saya kesaksian orang tua yang diberikan merupakan sebuah teladan yang baik harus ditiru. Ketika yang diberikan itu baik pasti akan tertanam dalam jiwa anak untuk berbuat baik dan berprilaku sopan terhadap keluarga dan sesama.

Buah pengalaman seperti di atas kiranya dapat kita untuk memahami perkataan Yesus ketika memberikan kesaksian tentang siapa dirinya, tanpa bergantung penuh dengan pada kesaksian manusia. Kesaksian Yohanes Pembabtis sebagai pelita yang menyala dan bercahaya. Kiranya kita juga menjadi pelita yang bernyala bagi sesama kita untuk memberikan kesaksian yang baik dalam kehidupan bermasyarakat. Namun ada kesaksian yang lebih besar yang melampaui kesaksian manusia yaitu kesaksian dari Yesus Kristus.

Tuhan… jadikanlah kami jadi saksi cinta kasihmu dalam kehidupan kami, dan bantulah kami dalam mewujudkannya, agar terwujud cinta kasihmu itu. (Fr Roy)

Liturgi Hari ini: JUMAT PEKAN ADVEN III, 16 DESEMBER 2016….. Klik disini!!

About

Check Also

Ekaristi KAMIS BIASA XXXI, 5 November 2020

Antifon Pembukaan – Mazmur 105:4-5  Carilah Tuhan dan kekuatan-Nya, carilah selalu wajah-Nya! Ingatlah perbuatan-perbuatan …

Leave a Reply