BERBAHAGIALAH (Renungan MINGGU BIASA IVA, 29 JANUARI 2017 Oleh Fr. Eko Tumanggor)

Minggu, 29 Januari 2017
Mat 5:1-12a

BERBAHAGIALAH

Khotbah di bukit yang dilakukan oleh Yesus kali ini terjadi pinggir bukit di daerah Galilea. Khotbah di bukit itu diberikan-Nya kepada seluruh kelompok pengikut Yesus termasuk murid-murid Yesus.

Khotbah yang disampaikan Yesus adalah sabda bahagia yang menyatakan “berbahagialah”. Sabda bahagia yang disampaikan Yesus dapat kita bagi menjadi 3 bagian penting. Bagian yang pertama itu sabda bahagia yang mewartakan bahagia bagi mereka yang miskin dalam Roh atau mereka yang menuntut kepercayaan yang total kepada Allah serta yang sedih, yang lemah lembut dan mereka yang lapar dan haus akan kebenaran. Bahagia yang mereka alami ini bahagia yang akan mereka rasakan pada masa yang akan datang dan bahagia di masa kini. Sebab bagi mereka itu, Allah adalah sumber dari segala kebahagiaan mereka.

Sabda bahagia yang kedua itu berpuncak pada penyebutan tentang kebenaran. Sabda bahagia yang disampaikan di sini, suatu berkat yang diucapkan bagi yang berbelas kasih, yang jujur, pembawa damai dam mereka yang menderita demi mencari suatu kebenaran. Mereka juga mendapatkan janji dari Allah tentang kebahagiaan di masa mendatang. Sedangkan sabda bahagia yang ketiga itu. sabda yang menceritakan tentang tema pengejaran karena Yesusu dan menghubungkannta dengan penganiayaan yang diderita oleh para nabi.

Aku juga pernah mengalami bahagia, namun bahagia yang kualami tidak bahagia bersama Yesus, melainkan bahagia mendapatkan hadiah atau kado dari seseorang. Namun bahagia yang ingin disampaikan Yesus itu bukan bahagia yang membuat kita merasa senang, melainkan bahagia menghadapin segala derita yang ada dalam hidup kita dan berani mengakui iman kita dihadapan orang banyak. Sebab banyak yang terjadi di dunia ini yang tidak berani mengakui imannya, karena hanya untuk mendapatkan sesuatu yang ia inginkan sehingga mempertaruhkan agama yang ia anut. Oleh sebab itu, aku ingin mengajak kita semua untuk selalu bahagia menghadapin segala pecobaan yang ada. Sebab Allah telah menjanjikan kebahagiaan yang begitu besar dalam hidup kita. (Fr. Eko Tumanggor)

Liturgi Hari ini: MINGGU BIASA IVA, 29 JANUARI 2017….. Klik disini!!

About

Check Also

Ekaristi KAMIS BIASA XXXI, 5 November 2020

Antifon Pembukaan – Mazmur 105:4-5  Carilah Tuhan dan kekuatan-Nya, carilah selalu wajah-Nya! Ingatlah perbuatan-perbuatan …

Leave a Reply