Ekaristi Selasa Biasa XIII, 30 Juni 2020

Antifon Pembukaan – Mazmur 5:8

  • Berkat kasih setia-Mu yang besar, aku akan masuk ke dalam rumah-Mu sujud menyembah dengan takut akan Dikau.

Pengantar

I     Kelaliman, penindasan, ketidakadilan menyebabkan para nabi berseru bahwa wewenang Allah diperkosa. Demi Allah mereka menggugat keadaan itu. Dalam kesulitan, para murid mohon bantuan Yesus. Dan atas nama Bapa-Nya ia bangun menyelamatkan mereka.

Doa Pembukaan

I     Marilah bedoa:

Allah Bapa mahakuasa, berkenanlah mengungkapkan misteri apa yang Kaukehendaki dari kami. Semoga sabda Yesus saksi-Mu mengarahkan hidup kami di jalan yang lurus. Sebab Dialah Putra-Mu Tuhan dan pengantara kami, yang ….

Bacaan I – Amos 3:1-8;4:11-12

Dalam hidupnya setiap orang harus meraba-raba apa yang dikehendaki Allah atas dirinya. Bila kita dapat menilik tanda-tandanya tentu kita dapat memahami keputusannya. Dengan demikian, kita dapat mempersiapkan diri mau menghadap Tuhan dengan sebaik-baiknya.

Pembacaan dari Nubuat Amos:     

Hai orang Israel, dengarkanlah sabda Tuhan tentang dirimu ini, tentang segenap kaum yang telah Kutuntun keluar dari tanah Mesir. Beginilah sabdanya, “Hanya kalian yang Kupilih dari segala kaum di muka bumi. Sebab itu Aku akan menghukum kalian karena kesalahanmu. Berjalankah dua orang bersama-sama jika mereka belum berjanji? Mengaumkah seekor singa di hutan  apabila tidak mendapat mangsa? Bersuarakah singa muda dari sarangnya, jika belum menangkap apa-apa? Jatuhkah seekor burung ke dalam perangkap di tanah, apabila tidak ada jerat di sana? Membingkaskah perangkap, jika tidak ada yang ditangkap? Adakah sangkakala ditiup di suatu kota, dan orang-orang tidak gemetar? Adakah terjadi malapetaka di suatu kota, dan bukan Tuhan yang melakukannya? Sungguh, Tuhan Allah tidak berbuat sesuatu tanpa menyatakan keputusan-Nya kepada hamba-hamba-Nya, para nabi. Singa telah mengaum, siapakah yang tidak takut? Tuhan Allah telah bersabda, siapakah yang tidak bernubuat?

Aku telah menjungkirbalikkan kota-kotamu seperti Allah menjungkirbalikkan Sodom dan Gomora, sehingga kalian menjadi seperti puntung yang ditarik dari kebakaran. Namun kalian tidak berbalik kepada-Ku. Sebab itu demikianlah akan kulakukan kepadamu, hai Israel. Oleh karena Aku akan melakukan yang demikian kepadamu, maka bersiap-siaplah untuk bertemu dengan Allah, hai Israel!”

Demikianlah sabda Tuhan.

Syukur kepada Allah

Tanggapan – Mazmur 5:5-6.7.8

Ref. Tuhan, tuntunlah aku dalam keadilan-Mu.

Mazmur:

  • Engkau bukanlah Allah yang berkenan kepada kefasikan;
    orang jahat takkan menumpang pada-Mu. Pembual tidak akan tahan di depan mata-Mu; Engkau benci semua orang yang melakukan kejahatan.
  • Engkau membinasakan orang-orang yang berkata bohong,
    Tuhan jijik melihat penumpah darah dan penipu.
  • Tetapi aku, berkat kasih setia-Mu yang besar,
    aku akan masuk ke dalam rumah-Mu,
    sujud menyembah ke arah bait-Mu yang kudus
    dengan takut akan Engkau.

BAIT PENGANTAR INJIL                                               Mzm 129:5

S: Alleluya.     U: Alleluya.
S: Aku menanti-nantikan Tuhan, jiwaku mengharapkan sabda-Nya.
U: Alleluya.

Bacaan Injil – Matius 8:23-27

Agar jangan terjadi salah paham, maka Yesus mengungkapkan diri dan kehendak-Nya secara bertahap. Mukjizat-mukjizat, antara lain redanya taufan, dimaksud untuk membimbing para murid agar lurus jalan mereka.

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Matius:

Pada suatu hari Yesus naik ke dalam perahu, dan murid-murid-Nya mengikuti Dia. Sekonyong-konyong mengamuklah angin ribut di danau itu, sehingga perahu ditimbus gelombang. Tetapi Yesus tidur. Maka murid-murid-Nya membangunkan Dia, katanya, “Tuhan, tolonglah, kita binasa!”

Yesus berkata kepada mereka, “Mengapa kalian takut, hai orang yang kurang percaya!” Lalu bangunlah Yesus menghardik angin dan danau itu. Maka danau menjadi teduh sekali. Dan heranlah orang-orang itu, katanya, “Orang apakah Dia ini, sehingga angin dan danau pun taat kepada-Nya?”

Demikianlah Injil Tuhan.
Terpujilah Kristus

Doa Persiapan

I     Allah Bapa mahakuasa dan kekal, semoga kami Kau selamatkan berkat anugerah Putra-Mu. Semoga lambang-lambang sengsara dan wafat-Nya menghidupi kami semua. Sebab Dialah Tuhan dan pengantara kami.

Antifon Komuni – Matius 8:27

  • Para murid membangunkan Yesus dan berkata, “Tuhan, tolonglah, kita binasa!” Yesus bangun dan berkata, “Mengapa kalian takut, hai orang yang kurang percaya?”

Doa Sesudah Komuni

I     Marilah berdoa:

Allah Bapa sumber iman kepercayaan, kami bersyukur karena telah menerima pewarta janji-Mu, yang melepaskan kami dari ancaman maut serta menghias kami dengan cahaya dan pengharapan, yaitu Yesus Putra-Mu, Tuhan dan pengantara kami.

* * *

About gema

Check Also

Ekaristi KAMIS BIASA XIV, 9 Juli 2020

Antifon Pembukaan – Hosea 11:1.9cd  Ketika Israel masih muda, Kukasihi dia, dan dari Mesir …

Leave a Reply