Harus Total (Renungan Senin Biasa XIII, 27 Juni 2016 oleh Fr. Roy Basuki)

Harus Total

Menjalani kehidupan tidaklah mudah, perlu adanya kerja keras yang dibutuhkan. Agar apa yang diinginkan tercapai, dengan hasil itu kita menjadi bangga ketika kita melihat hasil dari jerih payah kita sendiri, ketika kita melakukan sesuatu janganlah setengah-setengah, lakukan dengan secara total agar sesuatu itu memang benar-benar bermakna. Hal yang lain juga dialami orang-orang yang ingin mengikut Yesus, tinggalkan semua yang dapat mengganggu hubungan kita dengan Allah. Keragu-raguan memang membuat setiap orang tidak yakin akan pilihanya. Terutama dalam mengikuti Tuhan Yesus, tidak boleh ada keraguan, karena Tuhan pasti akan menyediakan tempat bagi orang yang percaya dan mau mengikuti Yesus.

Sungguh baik apa yang dikatakan oleh seorang ahli taurat ketika berjumpa dengan Yesus, “Guru aku ingin mengikuti Engkau kemana saja Engkau pergi”.  Perikop ini bagi saya adalah kata-kata yang membuat kita mampu selalu dekat dengan Yesus. Terkadang seorang belum merasakan jatuh cinta pada Yesus, ia ragu, hingga akhirnya keragu-raguan itu datang tidak sepenuhnya seorang mau bersama dengan Yesus. Ketika kita mempunyai rasa kagum terhadap sesuatu kita pasti akan melakukan apa saja demi mendapatkan sesuatu itu. Tetapi tidak semua kenginginan itu harus kita penuhi? Kita harus mampu menahan diri, bagaimana kita menahan godaan yang datang kepada kita.

Saudara/i santo Sirillus dari aleksandria mengajak kita untuk selalu prihatin dengan keadaan gereja. Bagaimana kita sebagai umat beriman mengamalkan dan membagikan cita Kasih, serta apa yang ada pada diri kita, kita harus mampu menahan diri demi orang lain, dan demi kemuliaan kerajaan Allah. Saudara/i Yesus mengharapkan agar orang mau mengikui-Nya benar-benar tidak terikat kepada hal-hal lahiriah. Sebagai pengikut Yesus kita harus berani melapaskan ikatan duniawi. Tuhan selalu mengundang dan memberi kesempatan kepada kita untuk hidup setia kepada-Nya dan rela berbagi kebaikan kepada orang-orang yang membutuhkan

Ya Allah ditengah-tengah tawaran duniawi yang menjauhkan kami dari pada-Mu, Kami memohon berkat-Mu, agar kami senantiasa tetap setia, berbagi dan dekat kepada-Mu. (Fr. Roy Basuki)

About

Check Also

Ekaristi KAMIS BIASA XXXI, 5 November 2020

Antifon Pembukaan – Mazmur 105:4-5  Carilah Tuhan dan kekuatan-Nya, carilah selalu wajah-Nya! Ingatlah perbuatan-perbuatan …

Leave a Reply