JANGAN MEMAMERKANNYA KEPADA ORANG LAIN (Renungan RABU BIASA XI, 15 JUNI 2016 Oleh Fr. Wawan Atmaja)

JANGAN MEMAMERKANNYA KEPADA ORANG LAIN

Rabu, 15 Juni 2016
2Raj. 2:1,6-14
Mat 6:1-6,16

Keluarga kami hidup di sekitar orang muslim. Setiap kali puasa, suasana akan berbeda dari biasanya. Banyak warung makan tutup. Alasan warung makan tutup ialah untuk menghormati orang yang sedang berpuasa. Muncul pertanyaan, apakah harus dengan menutup warung makan untuk menghormati orang yang sedang berpuasa? Dari mana sumber penghasilan mereka bila warung makan ditutup?

Dalam hidup harian sebagai pengikut Kristus, kita cenderung merasa puas diri dan dekat dengan Tuhan apabila setiap hari pergi ke Gereja. Terkadang, kita dengan sengaja menunjukkannya atau memamerkannya kepada orang lain, “Lihat, saya rajin ke Gereja! Lihat, saya rajin ikut doa lingkungan! Lihat, saya aktif di berbagai kelompok katergorial! dan sebagainya”. Hal itu tidak menjadi jaminan kita untuk lebih hebat bahkan lebih kudus dari yang lain. Cara tersebut merupakan salah satu dari berbagai cara untuk dapat lebih dekat dengan Tuhan.

Yesus mengingatkan kita dalam bacaan hari ini: “Ingatlah, jangan kamu melakukan kewajiban agamamu di hadapan orang supaya dilihat mereka, karena jika demikian kamu tidak beroleh upah dari Bapa-mu di sorga (Mat 6:1).” Apa yang mau disampaikan Yesus melalui sabda ini? Sebagai pengikut Kristus, apabila kita melaksanakan kewajiban agama, jangan menunjukkan atau memamerkannya dengan sengaja kepada orang lain. Kita harus bersikap biasa-biasa saja. Semakin kita dengan Tuhan seharusnya kita semakin rendah hati bukan malah sombong bahkan membanggakan diri. Misalnya, apabila kita aktif di Gereja, rajin ke Gereja, dan sebagainya, baiklah kita tetap menyapa mereka yang tidak rajin ke Gereja bukan dengan cara menegur dengan sikap kasar melainkan dengan tindakan elegan seperti mengajak ngobrol, bekerja sama, dan sebagainya. Hal itu yang menunjukkan bahwa kita pengikut Tuhan yang rendah hati. (Fr. Wawan Atmaja)

Liturgi Hari ini: RABU BIASA XI, 15 JUNI 2016…. Klik disini!!

About

Check Also

Ekaristi KAMIS BIASA XXXI, 5 November 2020

Antifon Pembukaan – Mazmur 105:4-5  Carilah Tuhan dan kekuatan-Nya, carilah selalu wajah-Nya! Ingatlah perbuatan-perbuatan …

Leave a Reply