Kebebasan Hidup (Renungan JUMAT BIASA X, 10 JUNI 2016 Oleh Fr. Win Hendri)

Kebebasan Hidup

Bagi orang Yahudi, Hukum taurat menjadi “kode etik” atau norma umum yang mengatur setiap tindakan gerak-gerik kehidupan mereka yang bertujuan untuk kenyamanan tatanan kehidupan sosial-religiusnya. Begitu kakunya mereka menjalankan kehidupannya sehingga kehadiran Yesus menjadi suatu tanda akan adanya pertentangan diantara mereka sendiri. Kehadiran Yesus membawa pengaruh sekaligus kebaruan bagi kehiduapan sosial maupun religius orang-orang Yahudi yang telah lama menganut Hukum Taurat sebagai tolok ukur dalam menilai setiap tindakan mereka. Hal itu tampak ketika Yesus mengajar banyak orang tentang Hukum Taurat.

Bacaan Injil hari ini menyatakan perihal pengajaran Yesus tentang relasi sikap hidup dengan tata aturan yang berlaku bagi sekelompok orang yang terikat dengan norma hidup tersebut. Hal inilah yang membawa saya pada permenungan akan arti kebebasan hidup. Yesus mengungkapkan kehadiran-Nya sebagai penggenapan ralasi Kasih Allah kepada semua orang. Dalam kaitannya dengan Hukum Taurat, Yesus mengajarkan banyak hal tentang hukum dengan cara mengkritisi sikap hidup orang Yahudi namun dengan penuh ‘kebaruan’, dengan kata lain bahwa tata aturan yang mengikat dan berlaku untuk semua orang Yahudi semakin membawa mereka pada kebebasan hidup bukan malah berada pada kekakuan.

Bagi zaman ini kita diajak untuk melihat lebih dalam seluruh pergumulan pengalaman hidup yang telah kita jalani. Adanya ilmu pengetahuan manusia yang mampu menyadarkan diri kita sendiri akan hadirnya nilai kebebasan dalam berkehendak. Hal ini terkait dengan kecenderungan-kecenderungan yang membawa kita pada hal-hal yang berbau dosa. Memang tidak dipungkiri lagi, manusia itu tidak luput dari pantauan dosa, namun kita diajak kembali, dengan adanya kesadaran diri tanpa melihat tata aturan yang mengikat diri, kita menggunakan kebebasan kita untuk bertindak sesuai dengan apa yang baik menurut diri kita yang tentunya juga baik bagi orang lain dan dapat diterima khalayak umum. (Fr. Win Hendri)

Liturgi Hari ini: JUMAT BIASA X, 10 JUNI 2016…. KLik disini!!

About

Check Also

Ekaristi Minggu 6 juni 2021: Tubuh dan Darah Kristus (HR)

Menghayati Ekaristi dalam hidupKebersamaan yang mau diperkembangkan oleh Kristus di antar umat manusia, membawa mereka …

Leave a Reply