KEGENAPAN HUKUM (Renungan RABU PRAPASKAH III, 22 Maret 2017 Oleh Fr. John Mezer Manullang)

Rabu, 22 Maret 2017, Hari Biasa Prapaskah III

Bce: Ul 4:1,5-9; Mat 5:17-19

Warna liturgi Ungu

KEGENAPAN HUKUM

“Aku datang bukan untuk menghapus hukum lama, melainkan untuk melaksanakannya”

Saudara-saudari terkasih, Yesus dalam perikopNya hari ini mengisahkan tentang suatu kegenapan atau kesempurnaan. Yesus mengajari para muridNya untuk memahami, menghayati dan mengamalkan serta mengajarkan hukum Tuhan dalam keutuhannya. Kita pun diajari untuk tidak membawa prinsip suka atau tidak suka ketika mengecap sabda Allah karena hal itu akan membatasi kita untuk menimba kekayaan dari sabda Allah

Yesus tidak suka dengan sikap hidup orang yang hanya sebatas pada pengajaran saja (teori) tetapi lebih dari itu ialah melakukan/ mewujudnyatakan secara nyata apa yang diajarkan itu, dalam arti menyempurnakannya. Sebab aturan dibentuk bukan semata-mata hanya sekadar aturan yang mengekang tetapi aturan dibuat berguna untuk pembentukan pribadi. Dalam hal ini kita yang masih hidup dalam koridor aturan tata tertib, saya mengibaratkan diri kita seperti saat kita sedang “mandi.” Disitu kita berusaha untuk sebersih mungkin mandi sehingga dapat membuat kita nyaman dan bersih. Saya kaitkan ketika kita sedang mengambil suatu keputusan, dimana kita berusaha untuk semaksimal mungkin untuk memutuskannya.

Saudara-saudari terkasih, untuk mencapai kesempurnaan, Yesus telah memberikan teladan kepada kita tentang kesetiaan dalam berbuat baik ketika melakukan sesuatu yang tentunya mengarah kepada kebaikan. Lantas apapun peraturan dan hukum yang ada pada dasrnya tetaplah sama yakni demi keselamatan manusia dan mengamalkan cinta kasih. hal itulah yang menjadi kaitannya dalam menerapkan hukum.

Tuhan, ajarilah dan bantulah aku dengan rahmatMu untk melakukan dan mengajarkan segala perintahMu dengan baik dalam kehidupan harianku, baik dalam pola pikir, perkataan, maupun tindakan. Amin. (Fr. John Mezer Manullang)

Ekaristi hari ini: RABU PRAPASKAH III, 22 Maret 2017… Klik disini!!

About

Check Also

Ekaristi KAMIS BIASA XXXI, 5 November 2020

Antifon Pembukaan – Mazmur 105:4-5  Carilah Tuhan dan kekuatan-Nya, carilah selalu wajah-Nya! Ingatlah perbuatan-perbuatan …

Leave a Reply