MENGASIHI MUSUH DAN BERDOA BAGINYA (Renungan SELASA BIASA XI, 14 JUNI 2016 Oleh Fr.Wawan Atmaja)

MENGASIHI MUSUH DAN BERDOA BAGINYA

Selasa, 14 Juni 2016
1Raj. 21:17-29
Mat. 5:43-48

Seorang OMK bercerita kepada saya. “Frater, aku bermusuhan dengan dia. Dia itu orangnya sok. Sok mengatur orang, sok sibuk, sok paling hebat, sok semuanyalah ter. Kalau ada dia ter, aku malas ikut OMK sebenarnya, tetapi karena teman-teman mengajak makanya aku mau.” Ketika mendengar cerita OMK itu, saya teringat dengan kisah di seminari menengah. Kala itu, saya sedang minum di dapur. Tiba-tiba adik kelas teriak-teriak. Saya menegurnya tetapi dia melawan. Saya ingatkan lagi, dia mengerti dan pergi. Namun, dia tidak suka dengan saya. Saya bingung ingin berbuat apa padanya.

Bila diajukan pertanyaan, siapa yang punya musuh? Barangkali ada yang langsung mengangkat tangan, ada yang malu-malu, dan ada yang merasa tidak punya musuh. Saya agak meyakini bahwa dalam hidup, ada yang suka dan ada yang tidak suka kepada kita. Apa alasan mereka tidak suka, kita tidak tahu persis. Bila pertanyaan lanjut diajukan kepada kita, seandainya kamu ingin berbaikan dengannya, apakah kamu mau? Apakah kamu ingin mendoakannya?

Tuhan Yesus dalam bacaan hari ini mengetengahkan kepada kita untuk tidak mengasihi orang yang juga mengasihi kita (Mat 5:44). Kita harus mengasihi sesama manusia, siapa pun dia, bagaimana pun dia, apa pun latar belakangnya, dan sebagainya. Bila kita hanya mengasihi sesama orang yang juga mengasihi kita apakah upahmu? Orang yang yang jahat atau yang dipandang jahat juga melakukan hal yang sama (Mat 5:46). Artinya, tidak ada sesuatu yang lebih dari tindakanmu sebab orang yang jahat atau yang dianggap jahat juga melakukan hal yang sama. Dapat disimpulkan bahwa tidak ada bedanya kita dengan orang jahat. Sebagai pengikut Kristus, kita dituntut untuk tidak mengasihi orang yang juga mengasihi kita, dan membenci musuh, tetapi kita harus bisa mengasihi musuh dan berdoa bagi mereka yang menganiaya. Dengan melakukan tindakan itu, kita merupakan murid Kristus yang sejati. (Fr.Wawan Atmaja)

Liturgi Hari ini: SELASA BIASA XI, 14 JUNI 2016… Klik disini!!

About

Check Also

Ekaristi KAMIS BIASA XXXI, 5 November 2020

Antifon Pembukaan – Mazmur 105:4-5  Carilah Tuhan dan kekuatan-Nya, carilah selalu wajah-Nya! Ingatlah perbuatan-perbuatan …

Leave a Reply