PALUNGAN HATI (Renungan MINGGU ADVEN I, 27 November 2016 Oleh Fr. Thery Cholma)

Minggu, 27 November 2016 (U)
Hari Minggu ADVEN I
Yes. 2:1-5 ; Mzm. 122:1-2,4-5,6-7,8-9 ; Rm. 13:11-14a ;
Luk. 21:34-39 ; BcO Yes. 6:1-13
PALUNGAN HATI

Sebuah keluarga Kristiani sedang mempersiapkan Natal. Persiapan itu dilakukan jauh-jauh hari sebelum hari Natal tiba. Si Bapak sibuk mengecat rumah. Si Ibu sibuk memasak berbagai kue Natal. Si Abang sibuk menghias rumah dengan pernak-pernik natal. Si Kakak sibuk berbelanja.

Si Adik yang bingung melihat kesibukan keluarganya lalu bertanya kepada mereka untuk apa semuanya itu. Si Ibu menjawab bahwa mereka sedang mempersiapkan kedatangan Yesus di hari Natal. Si Ayah menjelaskan bahwa meskipun Natal masih sebulan lagi, persiapan Natal harus dilakukan sebaik mungkin.

Setelah hari natal tiba, seluruh keluarga berkumpul dan saling bertukar kado. Si Adik hanya diam saja dan terus memegang kadonya. Si Ibu pun bertanya kepada siapa Si Adik, kepada siapa ia akan memberikan kadonya. Si Adik pun berkata, “Ini adalah lukisan wajahku yang tersenyum. Kado ini akan kuberikan kepada Yesus. Tidak ada kah di antara kalian yang juga akan memberikan kado kepada Yesus?”…

Saudara-i terkasih dalam Kristus, hari ini Gereja Katolik memperingati Hari Minggu ADVEN I. Pada hari ini, lilin pertama pada Korona Adven dinyalakan menandakan penantian akan lahirnya Yesus Kristus ke dunia, yang sering kita sebut sebagai hari Natal. Nah, bagaimana mungkin kita bisa memaknai Natal bila kita tidak memaknai masa adven ini?

Dalam Injil hari ini, Yesus menyampaikan nasihat agar kita berjaga-jaga bilamana hari kedatangan-Nya tiba. Persiapan kita bukanlah hanya sebatas mempersiapkan kemeriahan Natal dan pernak-pernik di dalamnya saja. Hari Natal hanya akan menjadi perayaan seremonia belaka bila kita tidak benar-benar menghayati penantian akan kelahiran-Nya. Yesus lah yang kita nanti, bukan hari Natal.  

Masa Adven tidak mengajak kita untuk bersedih dalam penantian ataupun larut dalam kegembiraan ‘uforia’ Natal saja. Hari Adven justru ingin mengingatkan agar kita senantiasa mempersiapkan hati yang tulus dan bersih, sebab ‘Bayi Yesus’ ingin tinggal dan tertidur lelap di palungan hati kita.

Tuhan Yesus Kristus, semoga kami dapat mempersiapkan hati kami agar kelak Engkau dapat tertidur lelap di dalam palungan hati ini… Amin  (Fr.Komes)

Liturgi Hari ini: MINGGU ADVEN I, 27 November 2016….Klik di sini!!

About

Check Also

Ekaristi KAMIS BIASA XXXI, 5 November 2020

Antifon Pembukaan – Mazmur 105:4-5  Carilah Tuhan dan kekuatan-Nya, carilah selalu wajah-Nya! Ingatlah perbuatan-perbuatan …

Leave a Reply