BERPALING DARI DOSARenungan Rabu, 7 Juni 2017)

Hari Biasa (Hijau)
Rabu, 7 Juni 2017
Bacaan I        : Tb. 3: 1 – 11a
Injil                 : Mrk. 12: 18 – 27

BERPALING DARI DOSA

            Saudara-saudari terkasih, bacaan – bacaan hari ini menurut saya sangat relevan dalam pengalaman hidup kita sehari – hari. Bacaan pertama, menceriterakan dua tokoh. Tokoh yang pertama ialah Tobit dan yang kedua adalah Sara anak Raguel. Kedua tokoh itu memiliki pergumulan yang sama, yakni bertitik tolak pada dosa. Namun, mereka sadar bahwa dosa itu mendatangkan maut. Mereka sadar dengan segala tindak-tanduk perbuatan mereka. Maka mereka dengan hati yang terbuka kembali kepada jalan Allah.

Bacaan Injil, berbicara tentang perdebatan antara orang Saduki dengan Yesus. Orang Saduki menyangkal kebenaran tentang kerajaan surga yang dikatakan Yesus dengan memperbandingkannya dengan hukum Musa. Yesus mengecam orang Saduki yang tidak mengerti isi Kitab Suci. Yesus dengan tegas menegur mereka yang sesat itu. Yesus menegaskan bahwa Allah Abraham, Ishak dan Yakub adalah Allah yang hidup.

Saudara-saudari terkasih, pergumulan kita di dunia ini tidak pernah akan selesai. Pergumulan itu senantiasa bergerak dan menjadi. Pergumulan itu selalu dihadapkan dengan dua nilai yaitu baik dan buruk. Dari kita dituntut agar selalu bergerak dan menjadi ke ranah yang baik dan setia di dalamnya. Namun bagaimana kita saat jatuh ke ranah yang buruk? Di sisi inilah kita perlu sadar seperti yang dilakukan oleh dua tokoh dalam bacaan pertama tadi. Dengan hati terbuka kita kembali ke jalan-Nya. Allah tidak akan pernah menutup Kerahiman-Nya. Kisah anak yang hilang hendaknya menjadi cerminan kita dalam penyusuran kembali dalam menapaki jalan-Nya. Allah akan tetap memperhitungkan iman dan niat baik kita. Mari bermenung diri. Amin. (Fr. Lukas Lumban Gaol)

About

Check Also

Ekaristi KAMIS BIASA XXXI, 5 November 2020

Antifon Pembukaan – Mazmur 105:4-5  Carilah Tuhan dan kekuatan-Nya, carilah selalu wajah-Nya! Ingatlah perbuatan-perbuatan …

Leave a Reply